Artikel

Hal-Hal yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum dan Setelah Vaksinasi Covid-19

Selain penerapan protokol kesehatan, pemberian vaksin yang sedang dilakukan oleh pemerintah juga menjadi salah satu upaya pencegahan penularan infeksi virus Corona yang sampai saat ini masih menjadi pandemi di banyak negara dunia. Jika Wong Coco Family tidak lama lagi akan menjalani vaksinasi, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan dan dipersiapkan sebelum menjalani vaksinasi Covid-19.   Sebelum Vaksinasi Hindari olahraga berlebih Olahraga disarankan untuk tetap dilakukan sebelum mendapatkan vaksin, karena kebiasaan ini baik untuk membantu daya tahan tubuh tetap kuat. Namun, sebaiknya tidak melakukan olahraga secara berlebihan, karena hal ini justru bisa menyebabkan penurunan imun tubuh. Cukupi kebutuhan nutrisi Supaya imun tubuh tetap terjaga, kita disarankan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, seperti protein, vitamin, dan mineral, selama 1 minggu sebelum dan setelah mendapatkan vaksin. Tidur yang cukup Beberapa hari sebelum vaksinasi, usahakan untuk mencukupi waktu istirahat dengan tidur selama 7–9 jam setiap malamnya. Ini penting dilakukan agar imun tubuh tetap terjaga. Jalani pengobatan dari dokter Untuk Wong Coco Family yang memiliki penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, atau infeksi HIV, jalanilah pengobatan dari dokter sebelum vaksinasi karena salah satu syarat untuk mendapatkan vaksin Covid-19 bagi penderita penyakit kronis adalah kalau kondisinya sehat dan terkontrol dengan pengobatan. Sesudah Vaksinasi Perhatikan efek samping vaksin Meskipun sangat jarang terjadi, vaksin kadang bisa menimbulkan efek samping yang cukup berbahaya, seperti reaksi alergi, sesak napas, dan anafilaksis. Karena itu, setelah mendapatkan vaksinasi, kita akan diminta untuk tidak meninggalkan fasilitas kesehatan di mana kita menerima vaksin selama kurang lebih 30 menit, supaya dokter bisa memastikan kita tidak mengalami efek samping tersebut. Redakan efek samping vaksin Untuk meredakan nyeri atau efek samping vaksin Covid-19 yang dirasa mengganggu, kita disarankan untuk beristirahat yang cukup, memberi kompres dingin pada area suntikan, dan lebih sering menggerakkan lengan yang disuntik. Tetap terapkan protokol kesehatan Walaupun sudah mendapat vaksinasi, bukan berarti kita sepenuhnya terhindar dari infeksi virus Corona. Ingat, walaupun sudah divaksin Covid-19, kita tetap bisa terkena penyakit ini, bahkan menularkannya kepada orang lain.   Itulah hal-hal yang sebaiknya dilakukan sebelum dan setelah vaksinasi Covid-19. Semoga informasinya bermanfaat untuk Wong Coco Family semua!

 21 Juni 2021

Mau Awet Muda? Stop 5 Kebiasaan Ini!

Penuaan memang tidak bisa dihindari. Namun, kita sejatinya bisa mencegah proses 'penuaan' lebih cepat terjadi. Nah, agar bisa tetap awet muda ada 5 kebiasaan sehari-sehari yang sebaiknya segera dihentikan. Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut? Tidak banyak bergerak Tidak banyak bergerak adalah faktor risiko sejumlah penyakit. Menurut seorang ahli dari Institute on Aging di Department of Aging & Geriatric Research di University of Florida Health, Stephen Anton, aktif bergerak memiliki pengaruh penting pada kesehatan. Karena itulah, ia menyarankan untuk berjalan-jalan selama beberapa menit tiap jam. Terlalu banyak makan junkfood Kandungan natrium dalam makanan junkfood berisiko menimbulkan beberapa penyakit kronis seperti hipertensi dan penyakit jantung. Karena itu, ada baiknya untuk selalu menyantap makanan buatan sendiri demi menghindari natrium tersembunyi yang terkemas dalam makanan restoran atau junkfood. Tidak mengonsumsi sayuran Pola makan nabati yang kaya sayuran akan menyediakan banyak serat yang merupakan nutrisi anti kanker yang baik untuk kesehatan jantung. Karena itu mari mulai sekarang untuk rutin mengonsumsi sayuran tiap hari. Begadang Setiap orang memang membutuhkan jumlah waktu tidur yang tidak sama, namun rekomendasi umum dari para ahli kesehatan adalah tidur minimal 7 jam setiap malam. Minum minuman beralkohol Konsumsi alkohol yang berlebih diketahui berdampak signifikan pada penuaan. Selain itu, minum alkohol berlebihan juga beresiko membanjiri hati dan sumsum tulang dengan racun yang merusak organ dan sistem imun tubuh.   Itulah 5 kebiasaan yang sebaiknya segera kita hentikan agar tetap sehat dan awet muda. Semoga informasinya bermanfaat!

 21 Juni 2021

Sudah Harus Masuk Kantor Saat Pandemi? Siapkan Cemilan Ini Yuk!

Meskipun saat ini pandemi belum berakhir, sudah cukup banyak pekerja yang bekerja di kantor. Wong Coco Family salah satunya? Tetap semangat, selalu jaga kondisi tubuh, dan patuhi protokol kesehatan ya, Wong Coco Family! Nah, untuk bisa membantu membangkitkan semangat dan menjaga mood selama beraktivitas di kantor, menyiapkan cemilan adalah solusinya. Apa saja cemilan yang disiapkan? Kacang Siapa yang tidak suka kacang? Hampir semua orang menyukainya karena rasanya enak, ringan dan bisa bikin mood kita tetap terjaga, termasuk saat bekerja di kantor. Selain itu, kacang juga punya banyak manfaat karena diketahui mengandung serat, magnesium dan vitamin E yang bersifat antioksidan sehingga bisa membantu menangkal radikal bebas. Namun, jangan lupa untuk mengonsumsi kacang yang bebas msg dan pengawet ya, Wong Coco Family. Buah-buahan Buah-buahan juga bisa Wong Coco Family siapkan di kantor untuk disantap sebagai cemilan. Tidak hanya enak dan bisa membuat kita tetap semangat beraktivitas di kantor, buah-buahan sudah pasti sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu, buah-buah juga sebagian besar cukup praktis karena bisa langsung dikonsumsi tanpa harus mengolahnya lagi. Pudding Sajian yang satu ini juga sangat cocok dijadikan cemilan untuk menemani Wong Coco Family beraktivitas di kantor. Pudding yang nikmat dan memiliki tekstur kenyal dan lembut sangat cocok untuk menemani aktivitas di kantor. Apalagi jika puddingnya rasa buah-buahan yang menyegarkan dan membuat kita terus semangat bekerja! Nah, untuk menikmati pudding yang memiliki rasa buah-buahan dengan cara yang praktis, Wong Coco MiniPudding bisa menjadi pilihan. Wong Coco MiniPudding terbuat dari Purée buah mangga, stroberi dan jus leci, gula asli tanpa pemanis buatan. Dibuat juga dengan susu tanpa lemak yang membuat Wong Coco Family tidak perlu takut gembil. Wong Coco MiniPudding hadir dalam kemasan 14g yang membuatmu makin praktis untuk makan pudding kapanpun dan dimanapun. Yuk, selalu sediakan Wong Coco MiniPudding untuk menemani aktivitas di kantor!

 21 Juni 2021

3 Tradisi yang Berubah Saat Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19

Situasi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih melanda seluruh negeri telah mengubah kebiasaan-kebiasaan dan tradisi yang selama ini dilakukan oleh umat Islam saat merayakan Idul Fitri. Berikut adalah kegiatan-kegiatan dan tradisi Lebaran yang harus disesuaikan demi menekan penyebaran virus corona.   Shalat Idul Fitri Berjamaah di Rumah Pada lebaran tahun 2021 ini pemerintah mengizinkan shalat ied berjamaan di masjid maupun lapangan dengan protokol kesehatan, juga terbatas pada komunitas atau lingkup komunitas. Sangat penting untuk menjaga diri dengan menghindari kerumunan saat bepergian dari rumah ke lokasi shalat ied dan sebaliknya. Namun demi menjaga kesehatan kita, ada baiknya tetap melakukan shalat berjamaah di rumah bersama dengan keluarga.   Tidak Mudik   Karena pandemi masih berlangsung, momen lebaran tahun ini pun pemerintah melarang pelaksanaan mudik untuk bisa segera mengakhiri pandemi Covid-19. Tidak hanya melarang warga untuk mudik, pemerintah juga melarang transportasi luar kota untuk beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah lebaran untuk mencegah warga yang ingin melaksanakan mudik.   Silaturahmi Via Online   Momen Idul Fitri akan terasa spesial jika kita bertemu dengan keluarga dan sanak saudara yang tinggal berjauhan. Momen ini juga dipakai untuk saling meminta maaf dan juga memaafkan atas kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat sebelumnya.   Nah, sebagai langkah agar pandemi bisa segera diakhiri, kita semua disarankan untuk tidak berinteraksi langsung, termasuk bermaaf-maafan secara langsung. Silaturahmi bisa tetap kita lakukan melalui pesan singkat atau video call.   Itulah kegiatan-kegiatan dan tradisi lebaran yang harus disesuaikan ditengah pandemi demi menekan penyebaran virus Corona. Walau perayaan Idul Fitri tidak sama dengan seperti biasanya, namun rasa kebersamaan tidak hilang begitu saja, ada begitu banyak cara untuk tetap menjalin silahturahmi dengan keluarga dan kerabat.   Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442H

 08 Mei 2021

Tips Sehat Merayakan Lebaran Saat Pandemi Covid-19

Setelah menjalani ibadah puasa Ramadan selama satu bulan, tiba saatnya untuk merayakan hari kemenangan, hari raya Idul Fitri. Meskipun masih diliputi pandemi Covid-19, Lebaran tetap bisa kita rayakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.  Agar tetap sehat selama merayakan hari Lebaran di tengah pandemi Covid-19, berikut adalah tipsnya.   Tidak Keluar dan Bergerombol di Malam Takbir   Karena pandemi masih berlangsung, alangkah baiknya jika kita semua merayakan malam takbir di rumah saja. Tidak hanya lebih aman, menggemakan takbir, tahmid, dan tahlil saat malam Idul Fitri di rumah juga bisa lebih hikmat.   Selain itu, mayoritas semua masjid sudah ada pengurus masjid yang bertugas untuk menggemakan takbir di masjid dengan pengeras suara. Jadi, Wong Coco Family tetap bisa mengikutinya dari rumah saja.   Patuhi Protokol Kesehatan Saat Shalat Idul Fitri   Shalat Idul Fitri memang sebaiknya dilakukan secara berjamaah di masjid atau lapangan. Tapi karena pandemi, kita bisa melakukannya di rumah sendiri bersama keluarga tercinta. Namun, jika Wong Coco Family memang ingin melaksanakan salat Idul Fitri di masjid atau lapangan, kamu harus mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan ya, seperti selalu menjaga jarak, selalu memakai masker dan rutin mencuci tangan.   Silaturahmi via Pesan Singkat dan Video Call   Di tengah pandemi virus Corona, kita semua disarankan untuk tidak mudik dan tetap di rumah.   Walau berada di rumah saja, kita tetap bisa mengirim ucapan melalui pesan singkat dari telepon genggammu atau mengirim kartu ucapan selamat hari Lebaran kepada keluarga di luar kota. Tidak hanya untuk melindungi kita sendiri dari resiko terinfeksi virus corona, keluarga di kampung pun akan lebih aman.   Itulah beberapa tips sehat merayakan lebaran saat Pandemi Covid-19. Semoga informasinya bermanfaat dan selamat merayakan Idul Fitri untuk Wong Coco Family yang merayakannya!

 01 Mei 2021

Tips Puasa Tetap Lancar di Tengah Pandemi Covid-19

Seperti bulan Ramadan tahun 2020 yang lalu, bulan puasa tahun ini kita semua masih harus tetap menerapkan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran virus corona yang saat ini masih menjadi pandemi di banyak negara, termasuk Indonesia. Dilansir dari laman situs kesehatan halodoc.com, berikut adalah beberapa tips puasa yang bisa Wong Coco Family tetap lancar di tengah pandemi Covid-19 yang dianjurkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).   Pastikan Kebutuhan Gizi dan Air Tercukupi   Tidak hanya untuk mempertahankan stamina yang diperlukan untuk beraktivitas, gizi yang cukup dapat menjaga imun tubuh sehingga bisa meminimalisir risiko terinfeksi virus Covid-19. Karena itu, Wong Coco Family harus selalu memperhatikan asupan gizi dan hidrasi saat berbuka dan santap sahur. Konsumsilah makanan bernutrisi tinggi dan jangan lupa untuk juga menjaga asupan air minimal 8 gelas per hari.   Selalu Berolahraga   Puasa bukan alasan untuk tidak berolahraga dan bermalas-malasan sepanjang hari. Wong Coco Family tetap harus melakukan kegiatan fisik, seperti olahraga ringan, selama berpuasa agar kebugaran tubuh tetap terjaga dan menurunkan stres. Tapi ingat, karena masih pandemi, cukup lakukan olahraga di dalam rumah saja atau mengikuti kelas online, seperti yoga atau aerobik di rumah.   Stop Merokok   Selama berpuasa, terlebih saat pandemi masih berlangsung, kita semua disarankan untuk stop merokok. Perokok biasanya sudah memiliki kapasitas paru-paru yang berkurang. Nah, kondisi ini bisa meningkatkan risiko seseorang terjangkit virus corona dan akhirnya bisa menyebabkan seseorang tidak bisa menjalankan ibadah puasa dengan maksimal.   Tidak Memaksakan Diri Berpuasa Ketika Sakit   Mereka yang sakit, termasuk yang terinfeksi virus corona, tidak diwajibkan berpuasa.  Jangan memaksakan diri berpuasa jika sakit, karena mungkin saja bisa memperburuk keadaan karena tubuh tidak memiliki tenaga ekstra untuk melawan penyakit.   Itulah beberapa tips puasa tetap lancar di tengah pandemi Covid-19. Selamat berpuasa untuk Wong Coco Family yang menjalaninya dan ingat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, ya!

 01 April 2021

5 Kebiasaan Tidak Sehat yang Harus Dihindari di Bulan Puasa

Berpuasa di bulan Ramadan adalah kewajiban bagi umat muslim. Mereka yang berpuasa harus menahan lapar, haus, dan hawa nafsu, dari sebelum matahari terbit sampai terbenam. Dilansir dari laman situs kesehatan alodokter,com, dari sisi kesehatan, melakukan ibadah puasa bisa mendatangkan beberapa manfaat, seperti bisa membantu menurunkan berat badan, memperlambat penuaan, serta menurunkan risiko penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker.   Puasa memang banyak sekali memang manfaatnya, namun ingat, ada beberapa kebiasan tidak sehat yang jika kita lakukan, bisa mengganggu kesehatan selama kita berpuasa di bulan Ramadan. Apa saja?  Tidak sahur Santap sahur sangat disarankan untuk dilakukan karena jika tidak bisa membuat cadangan nutrisi dan energi tidak cukup hingga waktu berbuka. Hal inbi bisa mengakibatkan dehidrasi, tubuh terasa lemas, kurang gula darah, dan sakit kepala.   Langsung tidur setelah makan sahur   Langsung tidur setelah makan bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan salah satunya adalah penyakit asam lambung (GERD). Tidur sepanjang hari Ketika bulan puasa, siklus tidur biasanya berubah. Beberapa orang akan memiliki kebiasaan mengurangi waktu tidur di malam hari dan lebih banyak tidur di siang hari. Kebiasaan sebaiknya dihindari karena justru dapat membuat badan lemas. Berlebihan mengonsumsi minuman berkafein Kafein memiliki efek diuretik, yaitu membuat tubuh lebih sering buang air kecil. Tidak hanya menjadi gampang haus, efek ini bisa memicu dehidrasi. Tidak hanya itu, kafein juga bisa meningkatkan produksi asam lambung dan mengiritasi dinding lambung. Makan berlebihan ketika berbuka Kebiasaan makan berlebihan ketika berbuka sebaiknya dihindari karena bisa meningkatkan kerja lambung secara tiba-tiba dan akhirnya muncul timbul keluhan berupa perut kembung dan merasa lemas setelah makan. Tidak hanya itu, makan secara berlebihan juga menyebabkan peningkatan berat badan.   itulah 5 kebiasaan tidak sehat yang harus dihindari di bulan puasa. Semoga informasinya bermanfaat untuk Wong Coco Family semua!

 01 April 2021

Resep Berbuka Puasa Unik ala Wong Coco

Ramadhan telah tiba dan satu hal yang paling dinanti oleh kita yang menjalankan ibadah adalah menikmati hidangan berbuka puasa. Ada banyak memang pilihan hidangan berbuka yang bisa Wong Coco Family pilih, namun jika ingin merasakan hidangan berbuka yang nikmat dan menyegarkan, beberapa  Resep Berbuka Puasa Unik ala Wong Coco Nata de Coco berikut ini harus Wong Coco Family coba! BUBUR KURMA WONG COCO NATA DE COCO Kurma tidak hanya enak dikonsumsi langsung, tapi juga sangat lezat saat diolah menjadi bubur. Apalagi jika dipadukan dengan nata de coco. Seluruh anggota keluarga pasti akan menyukainya. Yuk cek resepnya di bawah ini! Untuk 5 porsi Bahan: 200 gr WONG COCO NATA DE COCO RASA COCOPANDAN 300 ml air WONG COCO NATA DE COCO RASA COCOPANDAN 300 gr kurma, dibuang bijinya, iris halus 75 gr tepung beras 75 gr gula merah, sisir halus 200 gr cincau hijau,potong-potong 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut Bahan Saus: 600 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut 25 gr gula pasir 1/2 sdt garam 2 lbr daun pandan, ikat 4 sdm tepung beras dan 50 ml air, larutkan, untuk pengental  Cara Membuat: Blender kurma bersama air WONG COCO NATA DE COCO RASA COCOPANDAN hingga lembut, saring. Campur kurma bersama santan, tepung beras, dan gula merah. Aduk rata. Masak sampai mendidih dan meletup-letup. Angkat dan sisihkan Saus. Rebus santan, gula pasir, garam, dan daun pandan sambil diaduk-aduk sampai mendidih. Kentalkan dengan larutan tepung beras. Aduk sampai meletup-letup. Sajikan bubur kurma bersama WONG COCO NATA DE COCO, cincau hijau, dan sausnya.     ES RUJAK BUAH WONG COCO NATA DE COCO   Rujak buah dengan Wong Coco Nata de Coco ini juga bisa menjadi hidangan yang nikmat sekaligus unik untuk dinikmati saat berbuka puasa. Kesegaran cita rasa buah ditambah dengan nata de coco akan membuat momen berbuka puasa bersama keluarga tercinta terasa lebih spesial. Untuk 30 porsi Bahan: 300 gr WONG COCO NATA DE COCO RASA COCOPANDAN 500 gr jeruk bali bersih (dari 1 ½ kg Jeruk Bali) 500 gr bengkuang, diiris korek api 500 gr mangga muda, diiris korek api 250 gr jambu merah, diparut panjang 250 gr nanas bersih (dari 1 kg nanas utuh), iris panjang 75 gr kacang tanah goreng cincang untuk penyajian 750 gr es serut, untuk penyajian Bahan Bumbu: 1500 ml air 200 gr gula pasir 2 1/2 sdm  cuka Bumbu Halus: 75 gr cabai merah besar, dibuang bijinya 7 buah cabai rawit merah 25 gr ebi, sangrai Cara Membuat: Rebus air dan bumbu halus sampai mendidih. Masukkan gula pasir. Masak sampai mendidih. Tambahkan cuka. Aduk rata. Angkat. Dinginkan. Masukkan buah-buahan dan WONG COCO NATA DE COCO RASA COCOPANDAN. Simpan dalam lemari es. Sajikan dengan es serut.   ES LENGKENG JAHE WONG COCO NATA DE COCO Hidangan unik untuk berbuka puasa selanjutnya yang bisa Wong Coco Family pilih ini juga tidak kalah untuk dinikmati. Perpaduan lengkeng, jahe, nata de coco dan es serut akan membuat tubuh menjadi kembali segar setelah seharian menjalani ibadah puasa. Untuk 4 porsi Bahan: 200 gr WONG COCO NATA DE COCO RASA COCOPANDAN 1 klg lengkeng 350 ml air lengkeng klg 5 cm jahe, memarkan 500 ml air 2 bungkus sari jeruk instan 2 sdm gula pasir 1 sdm selasih, rendam 200 gr es serut 400 ml soda tawar dingin Cara Membuat: Rebus air, air lengkeng, dan jahe di atas api kecil sampai mendidih dan harum. Angkat. Masukkan sari jeruk instan dan gula pasir. Aduk sampai larut. Dinginkan. Tata lengkeng dan selasih di dalam gelas. Beri rebusan sari jeruk. Tambahkan es serut, soda tawar dingin dan WONG COCO NATA DE COCO RASA COCOPANDAN   Walaupun masa Ramadan di tahun 2021 ini masih diwarnai dengan nuansa perjuangan kita melawan penyebaran Covid-19, namun tidak menutup semangat untuk terus berkreasi dengan sajian berbuka puasa yang nikmat untuk keluarga. Selamat mencoba Wong Coco Family! Untuk resep berbuka puasa unik ala Wong Coco lainnya: Pudding Jeruk Nipis Wong Coco Aloe Vera Pudding busa Wong Coco Dugan Alpukat Sagoo Wong Coco Dugan  

 01 April 2021