Artikel

Mengenal Leptospirosis, Penyakit yang Perlu Diwaspadai Saat Musim Hujan

01 Desember 2021
Mengenal Leptospirosis, Penyakit yang Perlu Diwaspadai Saat Musim Hujan

Jelang akhir tahun di mana hujan sudah mulai sering terjadi seperti saat ini, kita semua sebaiknya mewaspadai beberapa penyakit yang berpotensi muncul, yang salah satunya adalah leptospirosis. Kenapa kita harus mewaspadai penyakit yang satu ini? Berikut adalah penjelasan singkatnya.

Leptospirosis merupakan penyakit menular yang ditularkan dari urine hewan tikus. Penyakit ini berasal dari infeksi bakteri leptospira, bakteri yang bisa bertahan di dalam genangan air, seperti saat banjir terjadi. Penularan penyakit ini menular ke manusia melalui selaput lendir seperti mata, hidung dan makanan yang tidak higienis. 

Ada beberapa gejala yang bisa dikenali saat seseorang mengalami leptospirosis, seperti tubuh menggigil kedinginan, batuk, diare, sakit kepala tiba-tiba, demam tinggi, nyeri otot, badan lemas, tidak nafsu makan dan mata merah seperti iritasi.

Leptospirosis ini sebenarnya mudah disembuhkan, tapi sebaiknya pengobatan harus cepat dan tepat. Jika ditangani tanpa pengobatan yang tepat, penyakit leptospirosis bisa menyebabkan komplikasi,  bahkan komplikasinya bisa berakibat fatal, seperti kerusakan ginjal, menyebabkan radang selaput otak dan sumsum tulang belakang (meningitis), memicu kegagalan liver dan bisa juga menyebabkan gangguan pernapasan akut.

Ada beberapa cara yang bisa Wong Coco Family lakukan untuk mencegah leptospirosis, seperti:

 

  • Menjaga kebersihan lingkungan dan memastikan lingkungan rumah bebas dari tikus.
  • Menghindari kontak langsung dengan air yang terkontaminasi, seperti saat banjir terjadi.
  • Jika memang harus kontak dengan air saat banjir, selalu kenakan pakaian pelindung, sarung tangan, sepatu bot, dan pelindung mata untuk meminimalisir resiko terkena bakteri leptospira.
  • Terakhir, selalu menjaga higienitas makanan dan minuman yang akan dikonsumsi dan selalu cuci tangan sebelum mengonsumsinya.

 

Itulah penjelasan singkat tentang leptospirosis. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Wong Coco Family semua ya!

“Lihat Artikel Lainnya”

3 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Pakai Masker Kain Saat New Normal

3 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Pakai Masker Kain Saat New Normal

Saat memasuki era New Normal atau pola hidup baru dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19, masker kain tetap harus selalu kita pakai saat berkegiatan di luar rumah. Nah, karena masih harus selalu kita pakai saat berkegiatan di luar rumah selama era New Normal, berikut adalah 3 hal yang perlu kita ketahui dalam memakai masker kain. 1. Maksimal dipakai selama 4 jam Masker kain memang bisa dipakai beberapa kali tapi kita harus selalu memastikan masker yang kita gunakan selalu dalam keadaan bersih. Karena itu, segera ganti masker kain setelah dipakai maksimal 4 jam dan segeralah mencuci masker kain yang sudah dipakai. 2. Cuci menggunakan air panas dan detergen Dilansir dari Fox News, William Schaffner, Direktur Medis Yayasan Nasional untuk Penyakit Menular di Bethesda, menyarankan, masker kain harus dicuci secara rutin apabila sering digunakan. Cuci masker kain dengan memakai detergen dan air panas agar virus dan bakteri yang mungkin menempel di masker bisa disingkirkan. 3. Tidak sempat dicuci? Simpan di plastik kedap udara! Jika belum bisa segera mencuci, simpan masker kain tersebut di plastik kedap udara dengan melipat masker menjadi dua bagian. Pastikan bagian dalam masker berada di dalam lipatan. Ini penting dilakukan untuk mencegah tangan menyentuh bagian dalam masker yang sudah terkena percikan air liur saat masker kain itu dipakai. Itulah 3 hal yang wajib diperhatikan sebelum pakai masker kain saat New Normal. Semoga informasinya bermanfaat!

 11 Juni 2020
Bisa Cegah Dehidrasi dengan Nata de Coco? Ini Faktanya

Bisa Cegah Dehidrasi dengan Nata de Coco? Ini Faktanya

Wong Coco Family pasti sudah pernah menyantap nikmatnya nata de coco. Bertekstur kenyal dengan rasa manis, membuat makanan yang berasal dari air kelapa ini cukup banyak digemari. Saat bulan puasa, nata de coco sering dijadikan sebagai salah satu hidangan berbuka. Dilansir dari laman situs doktersehat,com, pakar kesehatan menyebut ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan jika mengonsumsi nata de coco dan salah satunya adalah bisa membantu mengatasi dehidrasi. Berdasarkan studi yang dilakukan Puslitbang Biologi LIPI, kandungan gizi nata de coco per 100 gram nata diketahui mengandung 80% air, 20 gram karbohidrat, 146 kal kalori, 20 gram lemak, 12 mg Kalsium, 2 mg Fosfor dan 0,5 mg Ferrum (besi). Melihat fakta pada studi yang menyebutkan bahwa nata de coco mengandung 80% air, bisa disimpulkan mengonsumsi nata de coco bisa membantu untuk mengembalikan kadar air pada tubuh. Sehingga, tubuh terhindar dari dehidrasi. Selain bisa membantu mengatasi dan mencegah dehidrasi, berikut adalah beberapa manfaat lain dari nata de coco untuk kesehatan tubuh kita 1. Menurunkan kolesterol Dilansir dari laman situs doktersehat.com, kandungan di dalam nata de coco bisa menurunkan kinerja enzim HMG-Koa yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal ini bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular. 2. Menjaga kesehatan pencernaan Sudah bukan rahasia lagi, serat sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Nah, banyaknya serat yang terkandung dalam nata de coco bisa membantu untuk menjaga kesehatan pencernaan. 3. Membantu program diet Jika Wong Coco Family ingin menurunkan berat badan, jangan lupa untuk rutin mengonsumsi nata de coco yang tinggi serat namun rendah kalori. Dengan serat yang dimiliki, maka nata de coco bisa menjadi cemilan yang cocok dikala lapar. Salah satu produk Nata de Coco yang dibuat dengan gula asli dan tanpa pemanis buatan adalah Wong Coco Nata de Coco. Jadi, saat Wong Coco Family ingin menambahkan Nata de coco dalam minuman atau sajian lainnya, selalu pilih Wong Coco Nata de Coco!

 08 April 2020
Tidak Cuma untuk Kulit, Jus Lidah Buaya Juga Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Tidak Cuma untuk Kulit, Jus Lidah Buaya Juga Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Tanaman lidah buaya (aloe vera) mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam lidah buaya adalah gula, sejumlah enzim, vitamin, mineral, sterol, saponin, asam amino, asam salisilat, serta senyawa khusus, seperti anthraquinones. Selain dimanfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan kulit, lidah buaya juga bisa dibuat menjadi jus lidah buaya yang memiliki berbagai manfaat terhadap kesehatan tubuh, seperti: 1. Cegah dehidrasi Tanaman lidah buaya kaya kandungan air yang bisa membantu mencegah dan mengatasi dehidrasi. Bagi Wong Coco Family yang rajin berolahraga, jus lidah buaya bisa menjadi salah satu pilihan minuman yang bisa membantu memulihkan stamina tubuh. Selain itu, bisa juga membantu membersihkan asam laktat yang menumpuk setelah aktivitas olahraga. 2. Bantu atasi sembelit Untuk mereka yang sedang mengalami sembelit, bisa mengonsumsi jus lidah buaya untuk membantu mengatasinya. Kandungan anthraquinones yang ada di dalam lidah buaya memiliki efek laksatif (pencahar). Tapi ingat, jangan dikonsumsi berlebih dan dalam jangka waktu yang lama. 3. Bantu kontrol kadar gula darah Jus lidah buaya juga bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Tapi untuk manfaat yang satu ini masih kontroversi, karena ada penelitian lain yang menunjukkan hasil sebaliknya. Itulah beberapa manfaat jus lidah buaya terhadap kesehatan tubuh. Jus ini memang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Namun, kalau Wong Coco Family punya kondisi kesehatan khusus, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi jus lidah buaya. Semoga informasinya bermanfaat dan jika Wong Coco Family ingin mengonsumsi atau menjadikan aloe vera sebagai salah satu bahan tambahan untuk minuman segar, ada pilihan yang cepat dan praktis yaitu Wong Coco Aloe Vera. Produk Wong Coco Aloe Vera ini dibuat dengan tanpa pemanis buatan, serta menggunakan aloe vera yang berasal dari perkebunan sendiri.

 04 Februari 2020