Artikel

5 Kebiasaan Baik untuk Menjaga Kesehatan Mental

09 Agustus 2021
5 Kebiasaan Baik untuk Menjaga Kesehatan Mental

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga sangat penting. Mental yang sehat akan membuat kita bisa berpikir, bertindak, menangani stres, dan menentukan pilihan dengan lebih baik. Nah agar mental terjaga kesehatannya, ada beberapa kebiasaan baik yang bisa dilakukan setiap hari. Apa saja? Berikut adalah 5 kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan mental.

 

  1. Rutin olahraga

 

Rutin berolahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga kesehatan mental. Olahraga bisa mengaktifkan hormon endorfin dalam tubuh, hormon yang membantu meningkatkan suasana hati.

 

  1. Diet sehat

 

Sedangkan diet sehat juga bisa membantu menjaga kesehatan mental karena kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat (tinggi gula & lemak) akan lebih beresiko terkena depresi.

 

  1. Mindfulness

 

Mindfulness (suatu sikap kesadaran penuh akan diri saat ini, tidak mengawang ke masa lalu atau masa depan) bisa membantu menjaga kesehatan mental karena akan membuat pikiran lebih fokus pada keadaan saat ini, tanpa harus khawatir tentang hal-hal lain yang bisa mengacaukan pikiran.

 

Ada beberapa cara yang bisa Wong Coco Family lakukan untuk meningkatkan mindfulness, seperti dengan meditasi, menuliskan hal-hal positif yang dirasakan dan dialami, selalu bersyukur dan juga mengapresiasi diri sendiri.

 

  1. Cukup istirahat

 

Cukup istirahat sangat penting untuk kesehatan mental karena tidak sedikit dari mereka yang mulai menunjukkan gejala gangguan mental ketika mereka tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Cukup istirahat, seperti cukup tidur di malam hari, tidak hanya baik untuk memulihkan stamina tubuh tapi juga pikiran kita.

 

  1. Berdamai dengan diri sendiri

 

Jika Wong Coco sering merasa gelisah, cemas dan takut, coba matikan ponsel pintar yang Anda miliki setidaknya untuk sementara waktu setiap harinya. Putuskan sambungan koneksi dari lingkaran media sosial maupun dunia maya, dan cobalah terhubung dengan batin kita sendiri. Coba Wong Coco Family pahami apa yang dirasakan oleh diri sendiri. Ingat, langkah pertama untuk mencegah gangguan mental adalah dengan mencoba untuk berdamai dengan diri sendiri.

 

Itulah 5 kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan mental. Semoga informasinya bermanfaat untuk Wong Coco Family semua!

“Lihat Artikel Lainnya”

Bahaya Terbiasa Tidur Tengkurap untuk Kesehatan

Bahaya Terbiasa Tidur Tengkurap untuk Kesehatan

Wong Coco Family termasuk mereka yang sering tidur tengkurap? Jika iya, maka sebaiknya ubah kebiasaan tidur dengan posisi ini karena ternyata posisi ini bisa sangat berbahaya untuk kesehatan. Kenapa posisi ini bisa berbahaya untuk kesehatan? Karena dalam posisi tengkurap, tubuh akan meregangkan leher, menaikkan bahu sampai menyentuh telinga, dan tangan akan berada pada posisi yang kurang nyaman. Hal ini bisa memberi banyak tekanan pada persendian yang akhirnya bisa menimbulkan rasa nyeri. Selain itu, ada beberapa bahaya lain yang mengintai jika kita terbiasa tidur dalam posisi tengkurap. Berikut adalah beberapa bahaya tersebut. 1. Tulang belakang menjadi tegang Tidur tengkurap bisa menyebabkan tulang belakang menegang dan menimbulkan nyeri pada punggung, leher, dan persendian. Tulang belakang yang meregang juga bisa mengganggu fungsi organ yang lain karena tulang belakang bertugas untuk melindungi sistem saraf yang mengontrol seluruh fungsi organ di tubuh kita. 2. Kesehatan usus terganggu Saat tengkurap, bagian punggung bawah akan menahan terlalu banyak tekanan. Hal ini bisa meningkatkan risiko sciatica (kondisi nyeri yang disebabkan oleh saraf rusak atau terjepit). Selain itu, sebuah penelitian juga menemukan, masalah pada punggung bagian bawah bisa menyebabkan sembelit & masalah usus. 3. Menyebabkan masalah pernapasan Sistem pernapasan yang terganggu juga menjadi salah satu bahaya dari terbiasa tidur tengkurap. Ini bisa terjadi karena saat tengkurap, berat tubuh kita akan membebani otot pernapasan. Kondisi ini bisa membuat kita menjadi sulit untuk mengambil napas. Itulah beberapa resiko kesehatan jika kita terbiasa tidur dengan posisi tengkurap. Semoga informasi ini bermanfaat!

 04 Maret 2020
Tips Sehat Merayakan Lebaran Saat Pandemi Covid-19

Tips Sehat Merayakan Lebaran Saat Pandemi Covid-19

Setelah menjalani ibadah puasa Ramadan selama satu bulan, tiba saatnya untuk merayakan hari kemenangan, hari raya Idul Fitri. Meskipun masih diliputi pandemi Covid-19, Lebaran tetap bisa kita rayakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.  Agar tetap sehat selama merayakan hari Lebaran di tengah pandemi Covid-19, berikut adalah tipsnya.   Tidak Keluar dan Bergerombol di Malam Takbir   Karena pandemi masih berlangsung, alangkah baiknya jika kita semua merayakan malam takbir di rumah saja. Tidak hanya lebih aman, menggemakan takbir, tahmid, dan tahlil saat malam Idul Fitri di rumah juga bisa lebih hikmat.   Selain itu, mayoritas semua masjid sudah ada pengurus masjid yang bertugas untuk menggemakan takbir di masjid dengan pengeras suara. Jadi, Wong Coco Family tetap bisa mengikutinya dari rumah saja.   Patuhi Protokol Kesehatan Saat Shalat Idul Fitri   Shalat Idul Fitri memang sebaiknya dilakukan secara berjamaah di masjid atau lapangan. Tapi karena pandemi, kita bisa melakukannya di rumah sendiri bersama keluarga tercinta. Namun, jika Wong Coco Family memang ingin melaksanakan salat Idul Fitri di masjid atau lapangan, kamu harus mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan ya, seperti selalu menjaga jarak, selalu memakai masker dan rutin mencuci tangan.   Silaturahmi via Pesan Singkat dan Video Call   Di tengah pandemi virus Corona, kita semua disarankan untuk tidak mudik dan tetap di rumah.   Walau berada di rumah saja, kita tetap bisa mengirim ucapan melalui pesan singkat dari telepon genggammu atau mengirim kartu ucapan selamat hari Lebaran kepada keluarga di luar kota. Tidak hanya untuk melindungi kita sendiri dari resiko terinfeksi virus corona, keluarga di kampung pun akan lebih aman.   Itulah beberapa tips sehat merayakan lebaran saat Pandemi Covid-19. Semoga informasinya bermanfaat dan selamat merayakan Idul Fitri untuk Wong Coco Family yang merayakannya!

 01 Mei 2021
Rekomendasi 3 Kedai Es Teler Paling Enak di Kota Jakarta

Rekomendasi 3 Kedai Es Teler Paling Enak di Kota Jakarta

Salah satu racikan minuman dingin yang populer di Indonesia adalah es teler. Campuran es kelapa dengan alpukat, nangka dalam semangkuk es teler memang membuat sajian minuman segar ini digemari oleh banyak orang. Nah, kalau Wong Coco Family ingin makan es teler enak di Jakarta, berikut adalah rekomendasi 3 kedai es teler enak yang bisa dicoba di kota Jakarta.   1. Es Teler Sari Mulia Asli Berlokasi di komplek bioskop Metropole XXI, Es Teler Sari Mulia Asli atau dikenal juga dengan sebutan Es Teler Megaria ini wajib dikunjungi oleh para penggemar es teler di ibukota. Sedikit beda dengan es teler pada umumnya, es teler di sini tidak dihidangkan di dalam mangkuk, melainkan di dalam gelas tinggi besar.    Isiannya terdiri dari kelapa muda, nangka, dan sedikit alpukat. Sedangkan kuahnya terbuat dari air yang diberi sirup gula, susu kental manis, dan es batu.    2. Es Campur Gang 5 Di kawasan Pademangan, Jakarta Utara ada satu kedai es campur yang legendaris dan selalu ramai pembeli, namanya Es Campur Gang 5. Walau namanya kedainya es campur, di sini juga tersedia es teler. Es teler di kedai ini terdiri dari buah alpukat, nangka dan kelapa muda dengan es serut yang ditata menggunung.    Penasaran bagaimana rasanya? Wong Coco Family bisa langsung ke alamatnya di Jl. Pademangan 2 Gang 5, Jakarta Utara.   3. Es Teler Sumatera Aho Berlokasi di Jl. Pangeran Tubagus Angke, Jelambar, es teler di kedai ini isiannya berbeda, karena es telernya dibuat sesuai ciri khas es teler Medan. Kuahnya memakai santan dan gula merah. Isiannya, ada cendol, kacang merah, tape, jagung manis, dan cincau.    Itulah rekomendasi 3 kedai es teler enak yang bisa dicoba di kota Jakarta, semoga informasinya bermanfaat. Disaat ngidam banget es teler tapi Wong Coco Family sedang merasa mager atau mungkin masih ragu bepergian keluar rumah di masa pandemi, Jangan khawatir karena kamu tetap bisa menikmati sensasi es teler nikmat dengan Wong Coco Pudding Kelapa Es Teler di rumah.    Tidak hanya praktis untuk cara konsumsinya, namun Wong Coco Pudding Kelapa Es Teler ini tersedia di supermarket terdekat. Disaat sedang mager untuk hunting es teler, yang perlu Wong Coco Family lakukan adalah stock Wong Coco Pudding Kelapa Es teler di kulkas dan siap untuk dinikmati kapanpun mau.   Wong Coco Pudding Kelapa Es Teler dibuat dari perisa kelapa dan perisa es teler yang dilengkapi dengan susu tanpa lemak yang membuat kamu tidak perlu takut gembil, juga dengan gula asli tanpa pemanis buatan. 

 31 Oktober 2021