Artikel

Lebih Hemat dengan Membuat Hand Sanitizer Sendiri

19 Agustus 2020
Lebih Hemat dengan Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Satu barang yang sebaiknya selalu dibawa saat keluar rumah di masa New Normal ini adalah hand sanitizer. Karena termasuk barang yang sering digunakan, sudah pasti kita harus menyediakan dana ekstra untuk membelinya. Agar lebih hemat, kita bisa membuat hand sanitizer sendiri di rumah.

Dilansir dari laman situs detikHealth, berikut adalah cara membuat hand sanitizer yang direkomendasikan oleh badan kesehatan dunia (WHO).

Bahan-bahan:

  • 8333 ml Ethanol 96%,
  • 417 ml Hidrogen peroksida 3%
  • 145 ml Gliserol 98%
  • Air distilasi atau bisa juga air matang yang sudah didinginkan

Cara membuat:

  1. Masukkan ethanol ke dalam wadah (botol).
  2. Setelahnya masukkan hidrogen peroksida.
  3. Tuang gliserol dan air distilasi yang sudah dinginkan secara berurutan.
  4. Langsung tutup untuk mencegah alkohol menguap, kemudian kocok perlahan.
  5. Simpan dalam suhu ruangan khusus yang jauh dari panas dan api selama 72 jam sebelum digunakan.

 

Itulah cara membuat hand sanitizer yang direkomendasikan oleh badan kesehatan dunia (WHO). Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat!

 

“Lihat Artikel Lainnya”

Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Punggung Terasa Nyeri

Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Punggung Terasa Nyeri

Nyeri punggung umumnya akan terasa saat tulang belakang terluka atau adanya cedera pada otot & ligamen yang mendukung tulang belakang. Selain itu, osteoporosis, osteoartritis, stenosis tulang belakang, fibromyalgia juga bisa menjadi penyebab munculnya sakit punggung. Nah, jika Wong Coco Family tidak menderita penyakit yang disebutkan di atas tapi merasakan sakit pada punggung, maka penyebabnya mungkin karena kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Berikut adalah kebiasaan yang bisa menyebabkan sakit punggung. 1. Postur tubuh yang buruk Postur tubuh yang buruk bisa merusak tulang belakang Anda dan juga menyebabkan ketidak sejajaran tulang belakang yang berisiko meningkatkan stres pada lutut. Untuk memperbaiki postur tubuh, saat berdiri atau duduk usahakan dalam posisi tegak dengan dada terangkat dan tegakkan juga bagian bahu. Wong Coco Family juga bisa melakukan peregangan tulang belakang untuk memperbaiki kondisi tulang belakang. 2. Posisi tubuh saat memegang ponsel Saat menatap layar ponsel dengan posisi membungkuk dan postur kepala yang terlalu ke depan bisa menyebabkan tulang belakang atas ke posisi over-flaxed yang akhirnya berisiko memadatkan cakram tulang belakang dalam jangka panjang. Hal inilah yang kemudian menimbulkan sakit pada bagian punggung. 3. Merokok Selain berisiko mengganggu kesehatan organ paru, merokok juga bisa menggangu kesehatan tulang belakang kita. Sakit punggung bisa disebabkan oleh nikotin yang terkandung dalam rokok yang mengganggu aliran darah normal di sekitar tulang belakang, sehingga mempengaruhi tulang dan menyebabkan degenerasi dini. Merokok juga berisiko menghambat kemampuan cakram untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga tulang belakang tetap sehat. Melihat penjelasan di atas, ada baiknya jika kita menghentikan kebiasaan-kebiasaan di atas agar rasa nyaman yang terganggu karena sakit punggung bisa kita hindari. Semoga informasi ini bermanfaat dan jika Wong Coco Family ingin penjelasan lebih lanjut tentang hal ini bisa berkonsultasi langsung dengan ahli medis.

 13 April 2020
Tingkatkan Imun Tubuh dengan Konsumsi Tanaman Aloe Vera

Tingkatkan Imun Tubuh dengan Konsumsi Tanaman Aloe Vera

Di saat pandemi virus corona yang sedang melanda banyak negara, termasuk Indonesia, penting bagi kita semua untuk selalu menjaga sistem imun tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus corona dan penyakit-penyakit lainnya. Salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga imun tubuh adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan menerapkan pola makan sehat. Dilansir dari laman situs boldsky.com, meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga penting dilakukan dengan konsumsi berbagai makanan yang kaya nutrisi, antioksidan serta vitamin. Nah, salah satu makanan yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh adalah tanaman aloe vera. Tanaman aloe vera tidak hanya bisa membantu meningkatkan imun tubuh, tapi juga bisa membantu menangkal beberapa risiko penyakit yang bisa menyerang tubuh. Kandungan mineral, kalsium, tembaga, zat besi, selenium, magnesium dan antioksidan yang terkandung di dalam aloe vera akan menutrisi tubuh dengan baik. Aloe vera juga diketahui mengandung air yang akan membantu menstabilkan kebutuhan cairan dalam tubuh. Jika nutrisi yang terkandung di dalam aloe vera dan dikonsumsi dalam jumlah tepat, aloe vera juga bisa membantu mencegah risiko jantung, mengurangi risiko stres, menurunkan kolesterol, mencegah penuaan dini, nutrisi diet sehat serta membantu menguatkan & memutihkan gigi dengan cara yang alami. Semoga informasi ini bermanfaat dan jika saat ini Wong Coco Family ingin mengonsumsi aloe vera, Wong Coco Aloe Vera bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya praktis karena bisa langsung dikonsumsi atau langsung digunakan sebagai salah satu bahan minuman, Wong Coco Aloe Vera juga dibuat dengan aloe vera dari perkebunan sendiri dan tanpa menggunakan pemanis buatan.

 22 Maret 2020