Artikel

Trik Cegah Panas Dalam Saat Musim Pancaroba

Salah satu keluhan yang sering ditemui selama musim pancaroba adalah penyakit panas dalam. Setiap orang bisa mengalami gejala yang tidak sama ketika merasakan panas dalam, mulai dari pilek, batuk, tubuh terasa linu sampai tenggorokan yang terasa tidak nyaman. Dilansir dari laman situs Republika, seorang dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Carolus, dr Laurentius Aswin Pramono SpPD M.Epid, mengungkapkan, "Yang dikatakan panas dalam ini sebenarnya seasonal flu." Penyebab Panas Dalam Menurut dr Laurentius Aswin Pramono SpPD M.Epid, terdapat 2 faktor yang bisa menyebabkan panas dalam lebih banyak ditemukan pada saat musim pancaroba, yaitu: Perubahan cuaca. Tekanan udara hingga suhu udara yang sering berubah bisa menyebabkan kondisi virus dan kuman menjadi semakin berkembang. Imun tubuh rendah. Selain perubahan cuaca, panas dalam juga dapat terjadi karena imun (daya tahan tubuh) yang rendah. Lalu, bagaimana cara pencegahannya?  Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah panas dalam khususnya ketika musim pancaroba dan berikut adalah saran dari dr Laurentius Aswin. Meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Ini bisa kita lakukan dengan mengonsumsi makanan cukup nutrisi dan jika dibutuhkan ditambah dengan konsumsi vitamin, seperti vitamin C. Minum yang cukup. Pastikan kamu cukup mengonsumsi air putih atau minuman yang mengandung banyak mineral.  Pemenuhan kebutuhan cairan yang baik bisa membantu melancarkan mekanisme dan metabolisme dalam tubuh dan salah satunya adalah daya tahan tubuh yang akan lebih melindungi tubuh dari ancaman panas dalam. Olahraga teratur Rutin berolahraga juga penting dilakukan untuk meningkatkan kebugaran tubuh supaya tidak mudah terserang panas dalam. Vaksinasi influenza Upaya pencegahan terakhir yang bisa dilakukan untuk mencegah panas dalam adalah vaksinasi influenza. Itulah beberapa trik cegah panas dalam saat musim pancaroba. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Wong Coco Family!

 15 Januari 2020

Manfaat Ajaib Senyum untuk Kesehatan Tubuh

Senyum adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membuat orang lain lebih bahagia dan menambah pertemanan. Tapi tidak hanya itu karena ternyata senyum juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat senyum untuk kesehatan tubuh? Simak beberapa manfaatnya di bawah ini yuk, Wong Coco Family! 1. Meredakan stres Mereka yang stres akan tampak dari wajahnya yang terlihat letih dan lelah. Nah, dengan tersenyum wajah seseorang akan tampak lebih segar dan ceria. Karena itulah kalau kamu sedang stres, berusahalah untuk tersenyum. Selain bisa mengurangi stres sehingga kamu bisa lebih fokus menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi, kamu juga bisa membuat orang-orang di sekitarmu menjadi lebih bahagia dengan senyumanmu. 2. Meningkatkan daya tahan tubuh Tersenyum bisa membantu daya tahan tubuh untuk bekerja lebih baik. Karena ketika seseorang tersenyum, fungsi imun otomatis akan meningkat dan membuat seseorang merasa lebih rileks dan akhirnya bisa terhindar dari penyakit yang menyerang saat daya tahan tubuh menurun, seperti flu dan pilek. 3. Menurunkan tekanan darah Saat tersenyum, akan ada penurunan tekanan darah yang terukur. Tidak percaya? Coba ukur tekanan darah saat kamu duduk di rumah sambil membaca, kemudian ukur lagi saat kamu tersenyum selama 1 menit. Kamu akan melihat perbedaannya. 4. Melepaskan endorfin dan serotonin Penelitian yang informasinya dilansir dari laman situs detikhealth, mengungkapkan senyum bisa melepaskan endorfin (hormon pereda stres dan rasa sakit) dan serotonin (hormon yang bisa membuat kita merasa bahagia). Dua hormon akan membantu membuat seseorang merasa lebih baik, bahagia dan bisa juga menjadi obat yang alami untuk mengurangi rasa sakit. Setelah mengetahui manfaat ajaib senyum untuk kesehatan tubuh di atas, jangan ragu lagi ya untuk selalu tersenyum Wong Coco Family!

 14 Januari 2020

Kegiatan Sederhana ini Ampuh Menghilangkan Stres

Terlalu banyak tuntutan dan harus melakukan banyak kegiatan sering membuat hidup kita terasa berat yang dapat memicu terjadinya stres. Wong Coco Family pasti sudah tahu stres yang berlarut tidak baik untuk kesehatan tubuh maupun mental. Sebenarnya stres bisa diatasi dengan mudah melakukan beberapa kegiatan sederhana. Kegiatan apa saja? Simak di bawah ini yuk! 1. Dengarkan musik favorit Musik itu ibarat irama kehidupan. Alunan musik, terutama musik favorit, bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Nah, kalau stres melanda, jangan ragu nyalakan musik favorit kamu. Fokuslah mendengar musik selama beberapa menit sampai beban pikiran lebih ringan. Setelahnya, kamu bisa kembali melanjutkan kegiatan atau pekerjaan dengan pikiran yang lebih tenang. 2. Berolahraga ringan Olahraga ringan sangat baik untuk kesehatan tubuh dan juga untuk membantu meringankan stres. Cukup sisihkan waktu kurang lebih 15 menit setiap hari untuk melakukan olahraga ringan, seperti yoga. Dengan melakukan yoga, pikiran kamu akan jauh lebih tenang. Kamu juga akan merasa lebih mampu berpikir jernih ketika menghadapi permasalahan yang terjadi dalam hidup. 3. Makan Makan juga bisa jadi salah satu obat penghilang stres yang efektif. Tapi ingat, makanan sehat ya! Dalam makanan sehat, seperti salad, biasanya terdapat kandungan energi dan vitamin yang sangat bagus untuk menurunkan kadar stres secara perlahan. 4. Menulis Kejadian atau peristiwa yang kamu alami bisa kamu tuliskan ke secarik kertas. Dengan menulis, semua perasaan akan tersalurkan sehingga beban yang mengendap bisa berkurang dan hilang secara perlahan. 5. Membersihkan Rumah Bersih-bersih rumah memang bisa sangat melelahkan, tapi ternyata kegiatan ini juga efektif untuk membantu mengurangi stres. Sebab merapikan ruangan dan bergerak dari satu ruangan ke ruangan lain di rumah secara tidak langsung adalah bentuk penyegaran mata sehingga rasa suntuk perlahan-lahan atau stres bisa menghilang. Itulah beberapa kegiatan sederhana yang bisa Wong Coco Family coba untuk membantu menghilangkan stres. Semoga bermanfaat!

 13 Januari 2020

Puasa Gadget Sehari, Ini Manfaat yang Bisa Dirasakan

Gadget memang dibuat untuk memberi penggunanya kemudahan dan membantu pekerjaan saat melakukan kegiatan sehari-hari. Tetapi ingat Wong Coco Family, ketika gadget dipakai secara berlebihan, kita akan lebih merasakan efek buruknya ketimbang manfaatnya. Karena itulah, cobalah untuk sesekali melakukan puasa gadget selama sehari penuh. Dengan begitu beberapa manfaat di bawah ini akan bisa kamu rasakan. 1. Bisa makan dengan benar Pasti tidak jarang kamu menjumpai seseorang makan sembari memegang gadget. Padahal kebiasaan ini kurang baik karena mungkin saja kamu bisa tersedak saat makan dengan memegang gadget. Supaya terhindar dari bahaya tersebut, ada baiknya meletakkan dahulu gadget kamu. 2. Mata terasa lebih segar Ketika mata kamu terlalu lama menatap layar laptop atau smartphone, otot mata biasanya akan terasa lelah. Ditambah lagi radiasi yang dipancarkan dari layar gadget juga tergolong kuat. Nah, puasa gadget bisa membuat mata kamu menjadi lebih rileks dan segar. 3. Pikiran lebih tenang Pikiran juga bisa menjadi lebih tenang jika kamu mencoba puasa gadget selama sehari karena pikiran kita bisa istirahat sejenak dari informasi yang biasa kita dapatkan dari gadget yang seringkali menguras emosi dan pikiran kita. 4. Terhindari dari infeksi telinga Berbicara di telepon seluler selama berjam-jam memang asyik. Begitu juga mendengarkan musik dari aplikasi musik yang saat ini sedang marak digunakan. Tapi, tahukah kamu ternyata kebiasaan ini bisa menyebabkan menjadi telinga jadi berdengung dan berisiko terkena infeksi telinga. Karena itulah, ada baiknya kamu sesekali puasa gadget agar kesehatan telinga bisa lebih terjaga. Itulah beberapa manfaat yang bisa dirasakan saat kamu memutuskan untuk sesekali puasa gadget. Sesekali dicoba yuk, Wong Coco family!

 10 Januari 2020

Manfaat Rutin Bangun Tidur di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh

Saran yang sering kita dengar dari orang tua dulu, “jangan bangun kesiangan jika tidak ingin rezekinya dipatok ayam” sepertinya tidak ada salahnya untuk kita ikuti. Tidak hanya tentang rezeki, bangun pagi ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Bahkan tidak cuma kesehatan fisik, manfaat bangun pagi juga berlaku untuk kesehatan mental. Tapi memang harus diakui, tidak semua orang bisa bangun pagi dan mungkin Wong Coco Family termasuk yang kesulitan untuk bangun pagi. Namun, setelah mengetahui manfaat bangun pagi di bawah ini, kamu pasti akan lebih bersemangat untuk bangun pagi. 1. Memacu kita jalani pola makan sehat Mereka yang bangun pagi biasanya punya waktu untuk menyantap sarapan dan akan memilih makanan yang lebih sehat. Sedangkan mereka yang bangun siang, biasanya akan buru-buru dan tidak akan punya cukup waktu untuk menyantap sarapan yang sehat, bahkan ada juga yang memutuskan untuk tidak sarapan. Padahal jika tidak sarapan bisa membuat kita menjadi lebih tergoda untuk mengonsumsi makanan yang lebih banyak dan biasanya kurang sehat di siang hari. 2. Baik untuk kesehatan kulit Selain punya waktu yang lengang untuk sarapan sehat, bangun pagi juga akan memberikan kita waktu lebih untuk melakukan langkah-langkah perawatan yang baik untuk kulit. 3. Lebih mudah untuk berkonsentrasi Bangun di pagi hari juga bisa meningkatkan konsentrasi karena kita punya waktu lebih banyak untuk konsentrasi pada tujuan dan daftar pekerjaan hari itu. Selain itu, kita juga memiliki lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri sebelum memulai pekerjaan. Hal ini akan membantu kita untuk lebih peka terhadap situasi, khususnya pada jam-jam sibuk di tempat bekerja. 4. Punya lebih banyak waktu untuk olahraga Bangun lebih awal di pagi hari akan membuat kita punya lebih banyak waktu untuk berolahraga. Olahraga, khususnya di pagi hari, sangat besar manfaatnya karena akan membuat tubuh lebih segar dan berenergi sepanjang hari. Itulah beberapa manfaat rutin bangun tidur di pagi hari untuk kesehatan tubuh. Mulai dibiasakan untuk rutin bangun pagi yuk, Wong Coco Family!

 08 Januari 2020

Kulit Cantik dan Sehat Berkat Air Kelapa

Sudah tidak terbantahkan, buah kelapa memang kaya manfaat. Tidak cuma minyak dan santannya yang bisa kita manfaatkan, airnya pun juga bermanfaat dan sangat baik untuk tubuh kita, seperti kecantikan dan kesehatan kulit. Berikut adalah beberapa khasiat air kelapa untuk perawatan kecantikan dan kesehatan kulit dan tubuh kita. 1. Untuk masker wajah Kita bisa memanfaatkan air kelapa untuk kecantikan kulit wajah dengan mengolahnya menjadi masker. Begini cara membuatnya: Bahan: 1 sendok teh bubuk cendana 1 sendok teh bubuk kunyit 3 sendok makan air kelapa segar Cara memakainya, campur ketiga bahan di atas hingga menjadi pasta kental. Aplikasikan di wajah dan leher, kemudian tunggu selama 20 menit. Cuci wajah dengan air kelapa terlebih dahulu, kemudian bilas dengan air hangat. Keringkan wajah dengan ditepuk-tepuk menggunakan handuk bersih. 2. Bilasan (Pencuci) Wajah Kalau menyiapkan masker terasa agak ribet dan kamu merasa kurang praktis, Wong Coco Family bisa memakai langsung air kelapa sebagai bilasan (pencuci) wajah. Caranya sangat mudah, cukup percikkan air kelapa segar di wajah dua kali sehari untuk bisa mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat dan halus. 3. Minuman Kesehatan & Kecantikan Tidak cuma bisa diaplikasikan pada wajah, air kelapa juga baik untuk dikonsumsi setiap hari. Jangan percaya dengan mitos yang mengatakan air kelapa bisa membuat tubuh gemuk, karena air kelapa yang rasanya sangat segar ini sangat baik untuk detoksifikasi (mengeluarkan racun dari dalam tubuh). Itulah beberapa khasiat air kelapa untuk perawatan kecantikan dan kesehatan kulit dan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat!

 06 Januari 2020