Artikel

Tips Turunkan Risiko Covid-19 untuk Penyandang Diabetes

15 September 2020
Tips Turunkan Risiko Covid-19 untuk Penyandang Diabetes

Sudah bukan rahasia lagi, tidak sedikit kematian yang disebabkan oleh komplikasi penyakit yang diderita oleh para pasien yang terinfeksi virus Covid-19 dan salah satu penyakit komplikasi yang diketahui bisa berakibat fatal tersebut adalah diabetes. 

 

Selain harus tetap disiplin melakukan protokol kesehatan seperti selalu menjaga jarak, rutin cuci tangan dan selalu memakai masker, dilansir dari laman situs detikHealth, untuk menurunkan risiko Covid-19, penyandang diabetes sebaiknya melakukan beberapa hal berikut ini.

 

1. Menghindari orang yang tampak tidak sehat

 

Ketika melihat orang lain batuk atau bersin, ada baiknya untuk menjauh orang tersebut karena seperti yang sudah kita ketahui, virus Covid-19 bisa dengan mudah ditularkan melalui partikel dari bersin dan batuk mereka yang terinfeksi Covid-19.

 

2. Selalu menjaga gula darah tetap stabil

 

Tingginya gula darah bisa menyebabkan gangguan daya tahan tubuh dan karena itulah gula darah diabetesi harus selalu dijaga. Makanan bernutrisi yang mengandung karbohidrat lepas lambat & serat sangat disarankan untuk bisa menjaga gula darah. 

 

Itulah beberapa tips turunkan risiko Covid-19 untuk mereka yang menderita diabetes. Untuk mendapat penjelasan lebih lengkap mengenai hal ini, Wong Coco Family bisa berkonsultasi langsung dengan ahli kesehatan. Semoga informasinya bermanfaat!

 

“Lihat Artikel Lainnya”

Kebiasaan-Kebiasaan yang Pantang Dilakukan Setelah Makan

Kebiasaan-Kebiasaan yang Pantang Dilakukan Setelah Makan

Setelah makan, tubuh kita perlu waktu untuk beristirahat. Hal ini bisa sangat bermanfaat dan membantu untuk mencerna makanan. Karena itu, kita dianjurkan untuk istirahat sejenak dan tidak melakukan kegiatan, terutama kegiatan yang berat.    Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan yang pantang dilakukan setelah makan.   1. Menyikat gigi   Langsung menyikat gigi setelah makan memang baik, tetapi pada beberapa jenis makanan tertentu terutama dengan kandungan asam yang tinggi seperti jeruk, sebaiknya jangan langsung menyikat gigi. Tunggu sampai 30 menit terlebih dahulu sebelum menyikat gigi supaya email tidak rusak.    2. Tidur   Tidur setelah makan merupakan hal yang sebaiknya tidak dilakukan karena pencernaanmu akan bekerja lebih baik saat kita dalam posisi berdiri dan bukan rebahan (tidur). Saat dalam posisi rebahan, tidak akan ada gravitasi yang membantu dalam mencerna makanan dan justru bisa menimbulkan rasa mual. Menurut Mayo Clinic, kita disarankan untuk menunggu setidaknya tiga jam setelah makan sebelum tidur.   3. Berolahraga   Berolahraga sesaat setelah makan tidak disarankan karena bisa menimbulkan sakit perut serta kram otot, terutama setelah makan makanan berat. Tunggulah beberapa jam sebelum mulai berolahraga, agar makanan yang kita konsumsi bisa dicerna dengan sempurna dan tidak menyebabkan efek buruk pada kesehatan tubuh kita.   Semoga informasi ini bermanfaat dan hindari kebiasaan-kebiasaan yang pantang dilakukan setelah makan tersebut ya, Wong Coco Family!  

 11 September 2020
Begini Cara Tepat Mencuci Masker Kain

Begini Cara Tepat Mencuci Masker Kain

Wong Coco Family pasti sudah tahu bahwa pemakaian masker sangat penting untuk meminimalisir penyebaran virus corona Covid-19. Seiring dengan kelangkaan masker medis, warga saat ini diminta memakai masker kain ketika beraktivitas diluar rumah.  Masker jenis ini disarankan dipakai untuk warga selain untuk menjaga persediaan masker medis yang hanya boleh digunakan oleh petugas kesehatan, masker kain bisa dicuci sehingga warga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli masker berkali-kali selama masa pandemi. Walaupun bisa dicuci, masker kain harus dicuci dengan cara yang tepat agar benar-benar bersih dan aman untuk dipakai kembali. Bagaimana cara mencuci masker kain yang tepat? Dilansir dari laman situs kompas.com, menurut pakar penyakit menular Daniel Griffin mengatakan, masker kain bisa kita cuci bersama dengan pakaian lainnya. Kita juga tidak perlu memakai sabun cuci khusus bakteri untuk membersihkan masker kain. Daniel Griffin menjelaskan, pembersihan secara teratur, terutama setelah sekali pemakaian atau ketika masker terlihat kotor dan lembab adalah hal yang paling penting. Jangan lupa juga, proses pengeringan usai mencuci masker harus diperhatikan. Ketika mencucinya dengan mesin, pakai pengaturan suhu paling panas untuk mensterilkan mikroba. Saat mengeringkannya, keringkan di tempat yang mendapatkan paparan cahaya matahari paling panas atau memakai mesin pengering dengan pengaturan suhu paling tinggi untuk membasmi semua patogen yang tersisa pada masker. Kalau tidak ada mesin pengering, Wong Coco Family bisa mengeringkan masker memakai oven (yang bersih) selama 20 menit dengan pengaturan suhu 70 derajat celcius. Semoga informasi ini bermanfaat!

 06 Juni 2020