Artikel

Stop Lakukan Kebiasaan Buruk Ini Saat Keluar Rumah Selama Pandemi!

09 Juli 2021
Stop Lakukan Kebiasaan Buruk Ini Saat Keluar Rumah Selama Pandemi!

Pandemi yang sampai saat ini masih saja berlangsung mengharuskan kita semua untuk taat protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Namun sayangnya, masih saja ada yang menyepelekannya dengan melakukan beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan resiko penularan virus Covid-19 menjadi menjadi lebih tinggi dan pandemi sulit untuk diakhiri.

 

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang harus kita hentikan saat keluar rumah di masa pandemi ini.

  1. Keluar tanpa masker

Sangat penting untuk selalu memakai masker wajah setiap kali kita beraktivitas keluar rumah. Dengan mengenakan masker, tidak hanya bisa melindungi diri kita sendiri, tapi juga melindungi orang lain dari resiko tertular. Jangan lupa juga untuk selalu membawa cairan pembersih tangan atau hand sanitizer saat keluar rumah.

  1. Menganggap pandemi corona sudah hilang atau tidak berbahaya

Ada beberapa orang yang mungkin lupa atau menganggap remeh virus corona karena beberapa waktu yang lalu pembatasan seperti PSBB atau lockdown sudah dicabut. Padahal itu tidak berarti bahwa pandemi corona sudah berakhir dan tidak lagi menjadi ancaman. Akibatnya, saat ini kasus terinfeksi kembali naik cukup signifikan di tanah air.

  1. Kumpul-kumpul tanpa mematuhi protokol kesehatan

Kegiatan kumpul-kumpul dengan tetap mematuhi protokol kesehatan saat pembatasan dicabut memang sudah bisa dilakukan. Sayangnya, karena tidak sedikit yang melakukan aktivitas kumpul-kumpul tanpa mematuhi protokol kesehatan, kasus terinfeksi kembali naik dan akhirnya pemerintah tidak lagi memperbolehkan kegiatan ini dan menetapkan PPKM darurat untuk menekan penularan virus Covid-19.

 

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang harus kita hentikan saat keluar rumah di masa pandemi ini. Semoga informasinya bermanfaat dan ingat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan agar pandemi ini bisa segera diakhiri!

“Lihat Artikel Lainnya”

Jalan-jalan di Mal Wajib Pakai Masker di Masa New Normal

Jalan-jalan di Mal Wajib Pakai Masker di Masa New Normal

Memasuki masa New Normal, pengelola beberapa pusat belanja akan menerapkan protokol kesehatan bagi seluruh pengunjungnya. Saat mal dibuka kembali, seluruh pengunjung mall wajib mematuhi protokol kesehatan yang salah satunya adalah selalu memakai masker penutup mulut. Dilansir dari laman situs CNN Indonesia, sebagai langkah persiapan, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat, telah menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) di masa New Normal. Menurut Ellen, di masa New Normal, cuma pengunjung dengan temperatur atau suhu badan normal yang diizinkan untuk masuk. Karena itu, pengecekan suhu badan akan diberlakukan di seluruh pintu masuk mal. Tidak hanya pengunjung, seluruh karyawan mall dan tenant juga wajib memakai masker dan mengenakan bahan pelindung tubuh yang wajar sesuai dengan industrinya masing-masing. Di beberapa pusat perbelanjaan yang memang keadaannya memungkinkan, rencananya akan ditambah wastafel atau tempat cuci tangan di beberapa lokasinya. Pengaturan jarak juga akan diterapkan di mal untuk memastikan para pengunjung mengikuti tata cara social distancing (jaga jarak), termasuk saat antri di lift dan elevator. Di area foodcourt, akan dilakukan penataan ulang dengan jarak yang lebih lebar antara meja dan kursinya. Tiap penyedia layanan juga harus mengatur jarak aman antar pengunjung dan penjual, contohnya memasang sekat plastik di area kasir yang memisahkan antara kasir dan pengunjung. Itulah beberapa hal yang harus Wong Coco Family perhatikan saat mengunjungi mal di era New Normal. Semoga informasinya bermanfaat dan tetap mematuhi protokol kesehatan ya saat mengunjungi mal!

 16 Juni 2020
Tips Mengurangi Nafsu Makan yang Berlebih

Tips Mengurangi Nafsu Makan yang Berlebih

Banyak ngemil atau makan berlebihan, jika sesekali memang tidak berbahaya untuk kesehatan. Tapi, kalau kondisi ini berlangsung terus menerus dan tidak dikendalikan dampaknya bisa cukup serius. Dilansir dari laman situs kompas.com, tidak hanya berisiko mengalami obesitas, mereka yang nafsu makannya berlebih rentan mengidap penyakit diabetes tipe 2, penyakit jantung dan pembuluh darah dan sindrom metabolik. Berikut adalah beberapa tips mengurangi nafsu makan yang berlebih. 1. Fokus ketika makan Tidak sedikit orang makan sambil mengerjakan hal lain. Kondisi ini bisa menyebabkan otak tidak mengingat informasi seberapa banyak asupan yang sudah dimakan, sehingga akan lebih sulit mengontrol rasa kenyang dan lapar. Karena itu, coba untuk menikmati makanan dengan fokus agar kita tidak makan berlebihan. 2. Kurangi gula dan garam Gula dan garam adalah dua bahan yang ditambahkan dalam makanan yang fungsinya sebagai penambah nafsu makan. Karena itu, agar kita tidak makan berlebihan, coba untuk makan dengan gula dan garam secukupnya saja. 3. Cari kegiatan menyenangkan lain selain makanan Nafsu makan berlebih juga bisa dipengaruhi karena kita sedang dalam kondisi bosan, cemas, stres atau marah. Solusinya, coba cari kegiatan yang menyenangkan untuk mengatasi naik turunnya emosi, seperti jalan-jalan ringan, bermeditasi, ngobrol dengan teman, menulis, atau sekedar mendengarkan musik. Selamat mencoba beberapa cara mengurangi nafsu makan yang berlebihan di atas. Jika belum berhasil, tidak ada salahnya untuk konsultasikan langsung ke dokter untuk mencari solusi yang lebih tepat sesuai kondisi kesehatan Wong Coco Family.

 07 Juni 2020
Mau Awet Muda? Stop 5 Kebiasaan Ini!

Mau Awet Muda? Stop 5 Kebiasaan Ini!

Penuaan memang tidak bisa dihindari. Namun, kita sejatinya bisa mencegah proses 'penuaan' lebih cepat terjadi. Nah, agar bisa tetap awet muda ada 5 kebiasaan sehari-sehari yang sebaiknya segera dihentikan. Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut? Tidak banyak bergerak Tidak banyak bergerak adalah faktor risiko sejumlah penyakit. Menurut seorang ahli dari Institute on Aging di Department of Aging & Geriatric Research di University of Florida Health, Stephen Anton, aktif bergerak memiliki pengaruh penting pada kesehatan. Karena itulah, ia menyarankan untuk berjalan-jalan selama beberapa menit tiap jam. Terlalu banyak makan junkfood Kandungan natrium dalam makanan junkfood berisiko menimbulkan beberapa penyakit kronis seperti hipertensi dan penyakit jantung. Karena itu, ada baiknya untuk selalu menyantap makanan buatan sendiri demi menghindari natrium tersembunyi yang terkemas dalam makanan restoran atau junkfood. Tidak mengonsumsi sayuran Pola makan nabati yang kaya sayuran akan menyediakan banyak serat yang merupakan nutrisi anti kanker yang baik untuk kesehatan jantung. Karena itu mari mulai sekarang untuk rutin mengonsumsi sayuran tiap hari. Begadang Setiap orang memang membutuhkan jumlah waktu tidur yang tidak sama, namun rekomendasi umum dari para ahli kesehatan adalah tidur minimal 7 jam setiap malam. Minum minuman beralkohol Konsumsi alkohol yang berlebih diketahui berdampak signifikan pada penuaan. Selain itu, minum alkohol berlebihan juga beresiko membanjiri hati dan sumsum tulang dengan racun yang merusak organ dan sistem imun tubuh.   Itulah 5 kebiasaan yang sebaiknya segera kita hentikan agar tetap sehat dan awet muda. Semoga informasinya bermanfaat!

 21 Juni 2021