Artikel

Resep Berbuka Puasa Unik ala Wong Coco

01 April 2021
Resep Berbuka Puasa Unik ala Wong Coco

Ramadhan telah tiba dan satu hal yang paling dinanti oleh kita yang menjalankan ibadah adalah menikmati hidangan berbuka puasa. Ada banyak memang pilihan hidangan berbuka yang bisa Wong Coco Family pilih, namun jika ingin merasakan hidangan berbuka yang nikmat dan menyegarkan, beberapa  Resep Berbuka Puasa Unik ala Wong Coco Nata de Coco berikut ini harus Wong Coco Family coba!

BUBUR KURMA WONG COCO NATA DE COCO

Kurma tidak hanya enak dikonsumsi langsung, tapi juga sangat lezat saat diolah menjadi bubur. Apalagi jika dipadukan dengan nata de coco. Seluruh anggota keluarga pasti akan menyukainya. Yuk cek resepnya di bawah ini!

Untuk 5 porsi

Bahan:

  • 200 gr WONG COCO NATA DE COCO RASA COCOPANDAN
  • 300 ml air WONG COCO NATA DE COCO RASA COCOPANDAN
  • 300 gr kurma, dibuang bijinya, iris halus
  • 75 gr tepung beras
  • 75 gr gula merah, sisir halus
  • 200 gr cincau hijau,potong-potong
  • 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut

Bahan Saus:

  • 600 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut
  • 25 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lbr daun pandan, ikat
  • 4 sdm tepung beras dan 50 ml air, larutkan, untuk pengental

 Cara Membuat:

  1. Blender kurma bersama air WONG COCO NATA DE COCO RASA COCOPANDAN hingga lembut, saring. Campur kurma bersama santan, tepung beras, dan gula merah. Aduk rata.
  2. Masak sampai mendidih dan meletup-letup. Angkat dan sisihkan
  3. Saus. Rebus santan, gula pasir, garam, dan daun pandan sambil diaduk-aduk sampai mendidih.
  4. Kentalkan dengan larutan tepung beras. Aduk sampai meletup-letup.
  5. Sajikan bubur kurma bersama WONG COCO NATA DE COCO, cincau hijau, dan sausnya.

 

 

ES RUJAK BUAH WONG COCO NATA DE COCO

 

Rujak buah dengan Wong Coco Nata de Coco ini juga bisa menjadi hidangan yang nikmat sekaligus unik untuk dinikmati saat berbuka puasa. Kesegaran cita rasa buah ditambah dengan nata de coco akan membuat momen berbuka puasa bersama keluarga tercinta terasa lebih spesial.

Untuk 30 porsi

Bahan:

  • 300 gr WONG COCO NATA DE COCO RASA COCOPANDAN
  • 500 gr jeruk bali bersih (dari 1 ½ kg Jeruk Bali)
  • 500 gr bengkuang, diiris korek api
  • 500 gr mangga muda, diiris korek api
  • 250 gr jambu merah, diparut panjang
  • 250 gr nanas bersih (dari 1 kg nanas utuh), iris panjang
  • 75 gr kacang tanah goreng cincang untuk penyajian
  • 750 gr es serut, untuk penyajian

Bahan Bumbu:

  • 1500 ml air
  • 200 gr gula pasir
  • 2 1/2 sdm  cuka

Bumbu Halus:

  • 75 gr cabai merah besar, dibuang bijinya
  • 7 buah cabai rawit merah
  • 25 gr ebi, sangrai

Cara Membuat:

  1. Rebus air dan bumbu halus sampai mendidih.
  2. Masukkan gula pasir. Masak sampai mendidih.
  3. Tambahkan cuka. Aduk rata. Angkat. Dinginkan.
  4. Masukkan buah-buahan dan WONG COCO NATA DE COCO RASA COCOPANDAN. Simpan dalam lemari es.
  5. Sajikan dengan es serut.

 

ES LENGKENG JAHE WONG COCO NATA DE COCO

Hidangan unik untuk berbuka puasa selanjutnya yang bisa Wong Coco Family pilih ini juga tidak kalah untuk dinikmati. Perpaduan lengkeng, jahe, nata de coco dan es serut akan membuat tubuh menjadi kembali segar setelah seharian menjalani ibadah puasa.

Untuk 4 porsi

Bahan:

  • 200 gr WONG COCO NATA DE COCO RASA COCOPANDAN
  • 1 klg lengkeng
  • 350 ml air lengkeng klg
  • 5 cm jahe, memarkan
  • 500 ml air
  • 2 bungkus sari jeruk instan
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm selasih, rendam
  • 200 gr es serut
  • 400 ml soda tawar dingin

Cara Membuat:

  1. Rebus air, air lengkeng, dan jahe di atas api kecil sampai mendidih dan harum. Angkat.
  2. Masukkan sari jeruk instan dan gula pasir. Aduk sampai larut. Dinginkan.
  3. Tata lengkeng dan selasih di dalam gelas. Beri rebusan sari jeruk.
  4. Tambahkan es serut, soda tawar dingin dan WONG COCO NATA DE COCO RASA COCOPANDAN

 

Walaupun masa Ramadan di tahun 2021 ini masih diwarnai dengan nuansa perjuangan kita melawan penyebaran Covid-19, namun tidak menutup semangat untuk terus berkreasi dengan sajian berbuka puasa yang nikmat untuk keluarga. Selamat mencoba Wong Coco Family!

Untuk resep berbuka puasa unik ala Wong Coco lainnya:

Pudding Jeruk Nipis Wong Coco Aloe Vera

Pudding busa Wong Coco Dugan

Alpukat Sagoo Wong Coco Dugan

 

“Lihat Artikel Lainnya”

Kegiatan Sederhana ini Ampuh Menghilangkan Stres

Kegiatan Sederhana ini Ampuh Menghilangkan Stres

Terlalu banyak tuntutan dan harus melakukan banyak kegiatan sering membuat hidup kita terasa berat yang dapat memicu terjadinya stres. Wong Coco Family pasti sudah tahu stres yang berlarut tidak baik untuk kesehatan tubuh maupun mental. Sebenarnya stres bisa diatasi dengan mudah melakukan beberapa kegiatan sederhana. Kegiatan apa saja? Simak di bawah ini yuk! 1. Dengarkan musik favorit Musik itu ibarat irama kehidupan. Alunan musik, terutama musik favorit, bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Nah, kalau stres melanda, jangan ragu nyalakan musik favorit kamu. Fokuslah mendengar musik selama beberapa menit sampai beban pikiran lebih ringan. Setelahnya, kamu bisa kembali melanjutkan kegiatan atau pekerjaan dengan pikiran yang lebih tenang. 2. Berolahraga ringan Olahraga ringan sangat baik untuk kesehatan tubuh dan juga untuk membantu meringankan stres. Cukup sisihkan waktu kurang lebih 15 menit setiap hari untuk melakukan olahraga ringan, seperti yoga. Dengan melakukan yoga, pikiran kamu akan jauh lebih tenang. Kamu juga akan merasa lebih mampu berpikir jernih ketika menghadapi permasalahan yang terjadi dalam hidup. 3. Makan Makan juga bisa jadi salah satu obat penghilang stres yang efektif. Tapi ingat, makanan sehat ya! Dalam makanan sehat, seperti salad, biasanya terdapat kandungan energi dan vitamin yang sangat bagus untuk menurunkan kadar stres secara perlahan. 4. Menulis Kejadian atau peristiwa yang kamu alami bisa kamu tuliskan ke secarik kertas. Dengan menulis, semua perasaan akan tersalurkan sehingga beban yang mengendap bisa berkurang dan hilang secara perlahan. 5. Membersihkan Rumah Bersih-bersih rumah memang bisa sangat melelahkan, tapi ternyata kegiatan ini juga efektif untuk membantu mengurangi stres. Sebab merapikan ruangan dan bergerak dari satu ruangan ke ruangan lain di rumah secara tidak langsung adalah bentuk penyegaran mata sehingga rasa suntuk perlahan-lahan atau stres bisa menghilang. Itulah beberapa kegiatan sederhana yang bisa Wong Coco Family coba untuk membantu menghilangkan stres. Semoga bermanfaat!

 13 Januari 2020
Trik Cegah Panas Dalam Saat Musim Pancaroba

Trik Cegah Panas Dalam Saat Musim Pancaroba

Salah satu keluhan yang sering ditemui selama musim pancaroba adalah penyakit panas dalam. Setiap orang bisa mengalami gejala yang tidak sama ketika merasakan panas dalam, mulai dari pilek, batuk, tubuh terasa linu sampai tenggorokan yang terasa tidak nyaman. Dilansir dari laman situs Republika, seorang dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Carolus, dr Laurentius Aswin Pramono SpPD M.Epid, mengungkapkan, "Yang dikatakan panas dalam ini sebenarnya seasonal flu." Penyebab Panas Dalam Menurut dr Laurentius Aswin Pramono SpPD M.Epid, terdapat 2 faktor yang bisa menyebabkan panas dalam lebih banyak ditemukan pada saat musim pancaroba, yaitu: Perubahan cuaca. Tekanan udara hingga suhu udara yang sering berubah bisa menyebabkan kondisi virus dan kuman menjadi semakin berkembang. Imun tubuh rendah. Selain perubahan cuaca, panas dalam juga dapat terjadi karena imun (daya tahan tubuh) yang rendah. Lalu, bagaimana cara pencegahannya?  Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah panas dalam khususnya ketika musim pancaroba dan berikut adalah saran dari dr Laurentius Aswin. Meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Ini bisa kita lakukan dengan mengonsumsi makanan cukup nutrisi dan jika dibutuhkan ditambah dengan konsumsi vitamin, seperti vitamin C. Minum yang cukup. Pastikan kamu cukup mengonsumsi air putih atau minuman yang mengandung banyak mineral.  Pemenuhan kebutuhan cairan yang baik bisa membantu melancarkan mekanisme dan metabolisme dalam tubuh dan salah satunya adalah daya tahan tubuh yang akan lebih melindungi tubuh dari ancaman panas dalam. Olahraga teratur Rutin berolahraga juga penting dilakukan untuk meningkatkan kebugaran tubuh supaya tidak mudah terserang panas dalam. Vaksinasi influenza Upaya pencegahan terakhir yang bisa dilakukan untuk mencegah panas dalam adalah vaksinasi influenza. Itulah beberapa trik cegah panas dalam saat musim pancaroba. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Wong Coco Family!

 15 Januari 2020
Rutin Makan Wortel Bisa Menurunkan Minus pada Mata, Benarkah?

Rutin Makan Wortel Bisa Menurunkan Minus pada Mata, Benarkah?

Mungkin Wong Coco Family pernah mendengar sebuah saran agar rutin mengonsumsi wortel untuk menyembuhkan mata minus. Benarkah rutin mengonsumsi wortel bisa menyembuhkan mata minus? Berikut penjelasannya. Wortel diketahui mengandung beta karoten dan vitamin A yang bisa membantu menjaga kesehatan mata dan juga menjaga ketajaman mata. Namun, dr Setiyo Budi Riyanto, spesialis mata dari Jakarta Eye Center, mengatakan bahwa tidak ada hubungan antara rutin konsumsi wortel dan mata minus. Dilansir dari laman situs detikHealth, dr Budi mengungkapkan, walau kita mengonsumsi wortel setiap hari, mata yang sudah minus dan berkacamata tidak akan bisa disembuhkan karena memang menurutnya tidak ada hubungan antara makanan yang dikonsumsi dan gangguan minus. Tapi, dr Budi tak menyangkal bahwa wortel memang baik untuk retina mata. Wortel bisa membuat sirkulasi pembuluh darah di sekitar mata membaik dan jaringan di sekitar mata tetap terjaga fungsinya, khususnya pada orang tua. Lalu adakah cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan minus mata? Menurut dr. Sylvia Chandra di laman situs SehatQ, sampai saat ini belum ada pengobatan untuk menyembuhkan mata minus, namun kita bisa melakukan operasi mata dengan laser atau yang disebut Lasik untuk mengoreksi bentuk kornea sehingga bayangan jatuh tepat di retina. Setelah lasik, kita tidak perlu menggunakan kacamata atau kontak lensa lagi. Tapi ingat, untuk menentukan cara yang sesuai akan dilihat dari kondisi mata dan tingkat keparahan, Wong Coco Family harus konsultasikan ke dokter mata terlebih dahulu. Semoga informasi ini bermanfaat!

 01 April 2020