Artikel

5 Kebiasaan Tidak Sehat yang Harus Dihindari di Bulan Puasa

01 April 2021
5 Kebiasaan Tidak Sehat yang Harus Dihindari di Bulan Puasa

Berpuasa di bulan Ramadan adalah kewajiban bagi umat muslim. Mereka yang berpuasa harus menahan lapar, haus, dan hawa nafsu, dari sebelum matahari terbit sampai terbenam. Dilansir dari laman situs kesehatan alodokter,com, dari sisi kesehatan, melakukan ibadah puasa bisa mendatangkan beberapa manfaat, seperti bisa membantu menurunkan berat badan, memperlambat penuaan, serta menurunkan risiko penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker.

 

Puasa memang banyak sekali memang manfaatnya, namun ingat, ada beberapa kebiasan tidak sehat yang jika kita lakukan, bisa mengganggu kesehatan selama kita berpuasa di bulan Ramadan. Apa saja? 

  1. Tidak sahur

Santap sahur sangat disarankan untuk dilakukan karena jika tidak bisa membuat cadangan nutrisi dan energi tidak cukup hingga waktu berbuka. Hal inbi bisa mengakibatkan dehidrasi, tubuh terasa lemas, kurang gula darah, dan sakit kepala.

 

  1. Langsung tidur setelah makan sahur

 

Langsung tidur setelah makan bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan salah satunya adalah penyakit asam lambung (GERD).

  1. Tidur sepanjang hari

Ketika bulan puasa, siklus tidur biasanya berubah. Beberapa orang akan memiliki kebiasaan mengurangi waktu tidur di malam hari dan lebih banyak tidur di siang hari. Kebiasaan sebaiknya dihindari karena justru dapat membuat badan lemas.

  1. Berlebihan mengonsumsi minuman berkafein

Kafein memiliki efek diuretik, yaitu membuat tubuh lebih sering buang air kecil. Tidak hanya menjadi gampang haus, efek ini bisa memicu dehidrasi. Tidak hanya itu, kafein juga bisa meningkatkan produksi asam lambung dan mengiritasi dinding lambung.

  1. Makan berlebihan ketika berbuka

Kebiasaan makan berlebihan ketika berbuka sebaiknya dihindari karena bisa meningkatkan kerja lambung secara tiba-tiba dan akhirnya muncul timbul keluhan berupa perut kembung dan merasa lemas setelah makan. Tidak hanya itu, makan secara berlebihan juga menyebabkan peningkatan berat badan.

 

itulah 5 kebiasaan tidak sehat yang harus dihindari di bulan puasa. Semoga informasinya bermanfaat untuk Wong Coco Family semua!

“Lihat Artikel Lainnya”

Tips Bebas Bosan Selama Liburan Sekolah di Rumah

Tips Bebas Bosan Selama Liburan Sekolah di Rumah

Libur sekolah telah tiba! Tapi karena pandemi Covid-19 masih terjadi, anak-anak terpaksa harus tetap di rumah dan tidak bisa pergi liburan seperti liburan sekolah tahun-tahun sebelumnya. Nah, agar liburan sekolah tidak terasa membosankan, berikut adalah beberapa tips yang Wong Coco Family coba!   1. Nonton TV atau video di YouTube Karena kegiatan sekolah via online sedang libur, tidak ada salahnya jika bersama anak meluangkan waktu nonton acara favorit di TV. Agar tidak bosan, kegiatan menonton bersama ini bisa diselingi dengan menyaksikan dengan konten-konten menarik di ada di Youtube.   2. Membuat kerajinan tangan Mencoba membuat benda-benda unik seperti kerajinan tangan bersama anak bisa menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Selain bisa dijadikan dekorasi, Si Kecil juga bisa mengembangkan kreativitasnya.   3. Memasak bersama Memasak bersama anak juga bisa menjadi salah satu kegiatan menyenangkan selama liburan sekolah. Pilihlah menu kesukaannya agar Si Kecil bersemangat untuk mengolahnya bersama di dapur.   4. Ikut lomba mewarnai dan menggambar dari MyJelly Kegiatan yang satu ini tidak kalah menyenangkan dengan kegiatan-kegiatan yang disebutkan sebelumnya. Selain bisa mengisi waktu selama libur sekolah, Si Kecil juga berpeluang memperoleh hadiah jika mereka terpilih sebagai pemenang lomba mewarnai dan menggambar dari MyJelly. Jadi tunggu apalagi? Yuk ikutkan Si Kecil dalam lomba ini!     Nah, agar Si Kecil bersemangat saat mengikuti lomba ini, sediakan MyJelly sebagai cemilannya ya! Produk jelly persembahan Wong Coco ini dibuat dengan gula asli, tanpa pemanis buatan dan tidak memakai bahan pengawet sehingga cocok dinikmati sebagai cemilan selama libur sekolah.  

 05 Juli 2020
5 Kebiasaan Baik untuk Menjaga Kesehatan Mental

5 Kebiasaan Baik untuk Menjaga Kesehatan Mental

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga sangat penting. Mental yang sehat akan membuat kita bisa berpikir, bertindak, menangani stres, dan menentukan pilihan dengan lebih baik. Nah agar mental terjaga kesehatannya, ada beberapa kebiasaan baik yang bisa dilakukan setiap hari. Apa saja? Berikut adalah 5 kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan mental.   Rutin olahraga   Rutin berolahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga kesehatan mental. Olahraga bisa mengaktifkan hormon endorfin dalam tubuh, hormon yang membantu meningkatkan suasana hati.   Diet sehat   Sedangkan diet sehat juga bisa membantu menjaga kesehatan mental karena kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat (tinggi gula & lemak) akan lebih beresiko terkena depresi.   Mindfulness   Mindfulness (suatu sikap kesadaran penuh akan diri saat ini, tidak mengawang ke masa lalu atau masa depan) bisa membantu menjaga kesehatan mental karena akan membuat pikiran lebih fokus pada keadaan saat ini, tanpa harus khawatir tentang hal-hal lain yang bisa mengacaukan pikiran.   Ada beberapa cara yang bisa Wong Coco Family lakukan untuk meningkatkan mindfulness, seperti dengan meditasi, menuliskan hal-hal positif yang dirasakan dan dialami, selalu bersyukur dan juga mengapresiasi diri sendiri.   Cukup istirahat   Cukup istirahat sangat penting untuk kesehatan mental karena tidak sedikit dari mereka yang mulai menunjukkan gejala gangguan mental ketika mereka tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Cukup istirahat, seperti cukup tidur di malam hari, tidak hanya baik untuk memulihkan stamina tubuh tapi juga pikiran kita.   Berdamai dengan diri sendiri   Jika Wong Coco sering merasa gelisah, cemas dan takut, coba matikan ponsel pintar yang Anda miliki setidaknya untuk sementara waktu setiap harinya. Putuskan sambungan koneksi dari lingkaran media sosial maupun dunia maya, dan cobalah terhubung dengan batin kita sendiri. Coba Wong Coco Family pahami apa yang dirasakan oleh diri sendiri. Ingat, langkah pertama untuk mencegah gangguan mental adalah dengan mencoba untuk berdamai dengan diri sendiri.   Itulah 5 kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan mental. Semoga informasinya bermanfaat untuk Wong Coco Family semua!

 09 Agustus 2021
Kulit Cantik dan Sehat Berkat Air Kelapa

Kulit Cantik dan Sehat Berkat Air Kelapa

Sudah tidak terbantahkan, buah kelapa memang kaya manfaat. Tidak cuma minyak dan santannya yang bisa kita manfaatkan, airnya pun juga bermanfaat dan sangat baik untuk tubuh kita, seperti kecantikan dan kesehatan kulit. Berikut adalah beberapa khasiat air kelapa untuk perawatan kecantikan dan kesehatan kulit dan tubuh kita. 1. Untuk masker wajah Kita bisa memanfaatkan air kelapa untuk kecantikan kulit wajah dengan mengolahnya menjadi masker. Begini cara membuatnya: Bahan: 1 sendok teh bubuk cendana 1 sendok teh bubuk kunyit 3 sendok makan air kelapa segar Cara memakainya, campur ketiga bahan di atas hingga menjadi pasta kental. Aplikasikan di wajah dan leher, kemudian tunggu selama 20 menit. Cuci wajah dengan air kelapa terlebih dahulu, kemudian bilas dengan air hangat. Keringkan wajah dengan ditepuk-tepuk menggunakan handuk bersih. 2. Bilasan (Pencuci) Wajah Kalau menyiapkan masker terasa agak ribet dan kamu merasa kurang praktis, Wong Coco Family bisa memakai langsung air kelapa sebagai bilasan (pencuci) wajah. Caranya sangat mudah, cukup percikkan air kelapa segar di wajah dua kali sehari untuk bisa mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat dan halus. 3. Minuman Kesehatan & Kecantikan Tidak cuma bisa diaplikasikan pada wajah, air kelapa juga baik untuk dikonsumsi setiap hari. Jangan percaya dengan mitos yang mengatakan air kelapa bisa membuat tubuh gemuk, karena air kelapa yang rasanya sangat segar ini sangat baik untuk detoksifikasi (mengeluarkan racun dari dalam tubuh). Itulah beberapa khasiat air kelapa untuk perawatan kecantikan dan kesehatan kulit dan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat!

 06 Januari 2020