Artikel

5 Tren Olahraga di Tahun 2021

01 Maret 2021
5 Tren Olahraga di Tahun 2021

Memasuki 2021, pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Walaupun beberapa kegiatan, seperti bekerja di kantor, sudah berjalan seperti biasa dengan tetap menjalani protokol kesehatan, masih banyak kegiatan yang sangat disarankan untuk tetap dilakukan di rumah saja, seperti berolahraga. Berikut adalah 5 tren olahraga di tahun 2021.

  1. Yoga

Yoga adalah salah satu tren olahraga di masa pandemi karena selain bisa dilakukan di rumah saja, cukup banyak gerakan yoga yang bisa dilakukan oleh orang awam atau pemula. Secara umum, latihan yoga berfokus pada pernapasan, kekuatan, dan fleksibilitas untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Tidak hanya bisa membuat tubuh bugar, yoga juga mampu menurunkan stres dan membuat tubuh lebih tenang.

  1. Senam aerobik

Selain yoga, senam aerobik juga menjadi olahraga yang banyak diminati di masa pandemi Covid-19 karena bisa dilakukan di rumah. Mereka bisa melakukan senam aerobik bersama sahabat atau kerabat melalui aplikasi online.

  1. Trampoline

Rebounder atau trampoline kecil saat ini sudah cukup populer. Tidak hanya karena bisa muat di ruangan yang sempit, rebounder juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengasah keseimbangan.

  1. Jogging

Jogging sejatinya juga salah satu olahraga yang banyak penggemarnya dan cukup banyak yang melakukannya selama masa pandemi. Walaupun bisa dilakukan di luar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, ada baiknya olahraga yang satu ini dilakukan nanti saat pandemi sudah berakhir.

  1. Sepeda

Bersepeda juga salah satu jenis olahraga favorit di tengah pandemi Covid-19. Jenis olahraga ini dapat dilakukan dari berbagai usia dan sangat menyenangkan karena selain bisa menyehatkan tubuh, bersepeda juga bisa menyegarkan pikiran. Namun karena kegiatan bersepeda ini hanya bisa dilakukan di luar rumah, ada baiknya tidak dilakukan terlebih dahulu selama pandemi belum berakhir.

Semoga informasi ini bermanfaat!

“Lihat Artikel Lainnya”

4 Masalah Kesehatan Akibat Malas Cuci Tangan

4 Masalah Kesehatan Akibat Malas Cuci Tangan

Wong Coco Family pasti sudah banyak yang tahu bahwa tangan yang yang tidak bersih karena idak mencuci tangan bisa menjadi media penularan berbagai macam penyakit. Kuman berupa virus dan bakteri yang menempel di tangan yang kotor, bisa masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mulut, atau anus. Berikut adalah 4 penyakit yang dapat menyerang karena tangan tidak dicuci dengan bersih. 1. Covid-19 Covid-19 merupakan nama lain dari virus corona yang belakangan ini menjadi wabah di hampir seluruh negara di dunia, termasuk negara kita. Walaupun jumlah pasien yang positif terkena virus ini masih tergolong sedikit jika dibandingkan dengan negara lain, bukan berarti kita menjadi tidak waspada. Malas mencuci tangan bisa menjadi salah satu penyebab tubuh terkena infeksi virus corona dan karena itulah untuk mencegahnya, kita semua disarankan untuk rutin mencuci tangan. 2. Batuk Batuk adalah salah satu penyakit yang paling banyak ditularkan dengan perantara tangan yang tidak bersih. Umumnya, ini terjadi ketika virus batuk hinggap di tangan. Kemudian, jika tangan yang terinfeksi menyentuh mulut atau memegang makanan yang dimasukkan ke mulut, maka virus akan masuk dengan mudah ke dalam tubuh. Virus tersebut kemudian menyebabkan radang tenggorokan atau saluran pernapasan atas yang akhirnya memicu batuk. 3. Flu Flu juga bisa ditularkan melalui virus yang menempel di tangan karena tidak rajin mencuci tangan. Influenza bisa menyebabkan pilek, hidung tersumbat, dan berbagai gangguan saluran pernapasan atas lainnya. 4. Diare Cuci tangan setelah buang air besar sangat disarankan karena jika tidak bisa menyebabkan kita terkena diare. Diare merupakan penyakit yang menular melalui feses atau tinja yang mungkin saja tertinggal di tangan setelah membersihkan (membasuh) dubur sesudah buang air besar. Virus, bakteri atau parasit dari feses tersebut bisa mengganggu sistem pencernaan dan akhirnya akan menyebabkan kita sering buang air besar dalam kondisi yang encer atau mencret. Itulah beberapa penyakit yang bisa menyerang karena malas mencuci. Yuk mulai sekarang jangan lagi malas cuci tangan agar tubuh tidak mudah terserang berbagai penyakit. Untuk cara mencuci tangan yang dianjurkan, awali dengan membasahi tangan dengan air bersih. Kemudian, tuangkan sabun dan usapkan ke seluruh bagian tangan, termasuk bagian sela-sela jari dan kuku. Selanjutnya, bilas dengan air bersih sampai sabun tidak tersisa. Terakhir, keringkan tangan dengan lap kain bersih atau tisu.

 18 Februari 2020
Jangan Dibiasakan Puasa Tanpa Sahur, Ini Efek Buruknya

Jangan Dibiasakan Puasa Tanpa Sahur, Ini Efek Buruknya

Terlalu lelah karena beratnya aktivitas yang dijalani pada siang hari sering membuat kita menjadi malas bangun untuk makan sahur. Padahal makan sahur itu penting untuk memberi cadangan asupan nutrisi yang akan tubuh kita pakai nanti selama berpuasa seharian penuh. Lalu, apa pengaruhnya terhadap tubuh jika terlalu sering berpuasa tanpa makan sahur? Dilalnsir dari laman situs detikHealth, Dr. Tirta Prawita Sari, MSc, SpGK, spesialis gizi, mengungkapkan bahwa sebenarnya tidak sahur tidak ada bahayanya, kecuali tubuh saat itu sedang dalam keadaan sakit dan tidak bugar. Jika kondisinya seperti itu sebaiknya memang tetap makan sahur atau tidak berpuasa. Dr Tirta menjelaskan, tubuh manusia mampu bertoleransi terhadap kondisi tertentu. Karena memang tubuh manusia mampu bertahan seharian tanpa mengonsumsi makanan apapun. Yang jadi menjadi masalah adalah efek yang diakibatkan karena tubuh kita kekurangan asupan cairan. Tubuh manusia lebih sulit bertahan tanpa air dibandingkan tanpa makanan. Nah, biasanya saat sahur kita banyak minum air putih untuk cadangan cairan selama seharian penuh, tapi karena tidak bangun sahur, itu artinya kita tidak memiliki asupan cairan yang cukup untuk berpuasa seharian. Hal inilah yang menurut Dr Tirta berbahaya. Setelah menyimak penjelasan di atas, walaupun tidak berbahaya untuk tubuh, kita sebaiknya tetap santap sahur agar asupan yang dibutuhkan tubuh tetap terjaga. Kalau memang waktu kita terbangun sudah dekat dengan waktu Imsak, minumlah air putih secukupnya agar asupan cairan tubuh cukup untuk berpuasa seharian.

 27 April 2020