Artikel

3 Bahan Herbal yang Bisa Bantu Atasi Nyeri Lambung

21 Juli 2020
3 Bahan Herbal yang Bisa Bantu Atasi Nyeri Lambung

Untuk mengatasi nyeri lambung, beberapa orang memilih untuk langsung mengonsumsi obat. Padahal ada solusi lain yang lebih aman dengan menggunakan bahan-bahan herbal. Dilansir dari Healthline, berikut adalah 3 bahan herbal yang bisa bantu atasi nyeri lambung.

1. Jahe merah

Jahe merah sudah lama digunakan untuk mengatasi gangguan saluran cerna. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan penelitian, efektifitas dan keamanan jahe merah untuk membantu mengatasi nyeri lambung sudah bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

2. Madu

Madu diketahui kaya antioksidan yang dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan yang salah satunya adalah membantu melawan bakteri H. pylori (salah satu penyebab paling umum sakit maag). 

 

3. Kunyit

Kunyit juga bisa membantu mencegah masalah pada lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori. Sebuah penelitian terbatas yang dilakukan pada manusia dengan memberi 600 mg kunyit pada 25 peserta mengungkapkan bahwa 4 minggu setelah mengonsumsinya, 76% peserta terbebas dari tukak lambung.

 

Itulah 3 bahan herbal yang bisa mengatasi gangguan pada lambung. Semoga informasinya bermanfaat!

 

“Lihat Artikel Lainnya”

Terbiasa Makan Sayuran Mentah, Berbahayakah?

Terbiasa Makan Sayuran Mentah, Berbahayakah?

Sayur mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Nah, karena alasan tidak ingin kehilangan nutrisi yang terkandung dalam sayur, ada orang-orang yang langsung mengonsumsi sayur dalam keadaan mentah atau tanpa proses pemasakan.   Apakah kebiasaan tersebut tidak berbahaya?    Dilansir dari laman situs detikHealth, Dr dr Samuel Oetoro MS SpGK(K) mengatakan bahwa mengonsumsi sayur dalam keadaan mentah memang baik agar kandungan nutrisi pada sayur tidak terbuang seperti pada sayur yang melalui proses pemasakan.   Tapi dr Samuel mengingatkan kita semua untuk tidak terus-menerus mengonsumsi sayuran mentah. Kenapa? Karena menurut dr Samuel, terlalu sering makan sayuran mentah juga bisa berisiko bagi kesehatan tubuh yang salah satunya adalah melemahkan enzim pencernaan. Hal ini bisa terjadi karena proses kerja saluran cerna yang berat dalam mencerna sayur mentah. Efeknya bisa berujung pada defisiensi terhadap enzim B12. Karena itulah, dr Samuel menyarankan untuk selalu mengonsumsi makanan dengan seimbang.    Setelah menyimak penjelasan dari Dr dr Samuel Oetoro MS SpGK(K), bisa kita simpulkan bahwa mengonsumsi sayuran mentah memang bermanfaat, tapi sebaiknya tidak berlebihan agar kesehatan sistem pencernaan kita terjaga. Selain itu, jangan lupa juga untuk mencucinya sampai benar-benar bersih saat ingin mengonsumsi sayuran mentah, ya! Semoga informasi ini bermanfaat dan jika Wong Coco Family ingin mengetahui informasi lebih lengkap tentang hal ini bisa berkonsultasi langsung dengan ahli medis atau ahli gizi.  

 15 Juli 2020
Tips agar Anak Tetap Sehat Selama Belajar Tatap Muka di Sekolah

Tips agar Anak Tetap Sehat Selama Belajar Tatap Muka di Sekolah

Pembelajaran tatap muka di sekolah sudah mulai diberlakukan di beberapa daerah di Indonesia. Pembelajaran ini belum diwajibkan dan keputusan ikut atau tidaknya siswa akan dikembalikan kepada orangtua masing-masing. Nah, jika Wong Coco Family mengizinkan anak menjalani pembelajaran tatap muka di sekolah, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan.    Cek kondisi kesehatan anak Sangat disarankan untuk mengecek secara berkala kondisi kesehatan anak dengan mengukur suhu tubuh anak tiap hari. Wong Coco Family bisa memakai termometer biasa atau akan lebih baik lagi jika ada thermo gun yang mampu lebih cepat menampilkan hasil pengukuran suhu tanpa bersentuhan dengan permukaan kulit. Kalau suhu tubuh anak di atas batas normal, sebaiknya minta izin ke sekolah untuk tetap di rumah.   Ajarkan praktik kebersihan diri Ajarkan praktik kebersihan sangat penting dilakukan agar anak terlindungi dari virus dan bakteri penyebab penyakit.  Ajarkan ia mencuci tangan dengan durasi sekitar 20 detik atau jika tempat cuci tangan tidak ada, ajari ia memakai hand sanitizer dengan benar. Jangan lupa untuk membekali ia dengan air minum, makanan dan peralatan makan sendiri dari rumah ya, Wong Coco Family!   Gunakan kendaraan pribadi Di masa pandemi ini, tidak disarankan untuk menggunakan transportasi umum bagi siswa untuk pergi dan pulang dari sekolah. Para orangtua disarankan untuk mengantar dan jemput anak dengan kendaraan pribadi.   Ingatkan selalu taat protokol kesehatan Orangtua sangat disarankan untuk selalu mengingatkan anaknya agar selalu taat protokol kesehatan saat sekolah. Selain memakai masker, ingatkan pula supaya tidak menyentuh wajah, mata, hidung dan mulut dengan alasan apa pun. Jika hendak menyentuh wajah, mata, hidung dan mulut, anak harus cuci tangan dulu.   Semoga tips ini bermanfaat!

 31 Oktober 2021