Artikel

Cara Mendapatkan Vitamin D, Selain Berjemur

13 April 2020
Cara Mendapatkan Vitamin D, Selain Berjemur

Vitamin D bermanfaat untuk membantu menjaga tulang tetap sehat. Vitamin D juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, peredaran darah, dan sistem saraf. Walaupun belum ada pedoman yang ditetapkan, namun Wong Coco Family direkomendasikan untuk mendapatkan asupan vitamin D sebanyak 600-2.000 IU per hari.

Salah satu yang paling efektif dan mudah untuk mendapatkan vitamin D adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Tapi, berjemur di bawah paparan sinar matahari bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan vitamin D. Berikut cara efektif lainnya mendapatkan vitamin D, selain dari sinar matahari.

1. Konsumsi ikan

Ikan berlemak dan makanan laut merupakan sumber alami vitamin D terbaik. Beberapa jenis ikan dan makanan laut yang kaya akan vitamin D adalah salmon, tuna, ikan kembung, tiram, udang, ikan sarden dan teri

2. Konsumsi jamur

Jamur adalah satu-satunya sumber nabati vitamin D. Mirip dengan manusia, jamur bisa memproduksi vitamin D dengan memanfaatkan paparan sinar matahari.

3. Konsumsi kuning telur

Kuning telur adalah salah satu sumber vitamin D. Sebuah informasi yang dilansir dari laman situs CNN Indonesia, beberapa studi menunjukkan telur dari ayam kampung bisa memberikan 20 persen kebutuhan vitamin D harian.

4. Minum susu

Vitamin D sering ditambahkan ke sejumlah produk makanan dan minuman seperti susu untuk meningkatkan asupan nutrisi. Selain susu, produk lain yang sering ditambahkan kandungan vitamin D adalah sereal dan yogurt.

Itulah beberapa cara mendapatkan vitamin D, selain berjemur. Semoga informasinya bermanfaat!

“Lihat Artikel Lainnya”

4 Masalah Kesehatan Akibat Malas Cuci Tangan

4 Masalah Kesehatan Akibat Malas Cuci Tangan

Wong Coco Family pasti sudah banyak yang tahu bahwa tangan yang yang tidak bersih karena idak mencuci tangan bisa menjadi media penularan berbagai macam penyakit. Kuman berupa virus dan bakteri yang menempel di tangan yang kotor, bisa masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mulut, atau anus. Berikut adalah 4 penyakit yang dapat menyerang karena tangan tidak dicuci dengan bersih. 1. Covid-19 Covid-19 merupakan nama lain dari virus corona yang belakangan ini menjadi wabah di hampir seluruh negara di dunia, termasuk negara kita. Walaupun jumlah pasien yang positif terkena virus ini masih tergolong sedikit jika dibandingkan dengan negara lain, bukan berarti kita menjadi tidak waspada. Malas mencuci tangan bisa menjadi salah satu penyebab tubuh terkena infeksi virus corona dan karena itulah untuk mencegahnya, kita semua disarankan untuk rutin mencuci tangan. 2. Batuk Batuk adalah salah satu penyakit yang paling banyak ditularkan dengan perantara tangan yang tidak bersih. Umumnya, ini terjadi ketika virus batuk hinggap di tangan. Kemudian, jika tangan yang terinfeksi menyentuh mulut atau memegang makanan yang dimasukkan ke mulut, maka virus akan masuk dengan mudah ke dalam tubuh. Virus tersebut kemudian menyebabkan radang tenggorokan atau saluran pernapasan atas yang akhirnya memicu batuk. 3. Flu Flu juga bisa ditularkan melalui virus yang menempel di tangan karena tidak rajin mencuci tangan. Influenza bisa menyebabkan pilek, hidung tersumbat, dan berbagai gangguan saluran pernapasan atas lainnya. 4. Diare Cuci tangan setelah buang air besar sangat disarankan karena jika tidak bisa menyebabkan kita terkena diare. Diare merupakan penyakit yang menular melalui feses atau tinja yang mungkin saja tertinggal di tangan setelah membersihkan (membasuh) dubur sesudah buang air besar. Virus, bakteri atau parasit dari feses tersebut bisa mengganggu sistem pencernaan dan akhirnya akan menyebabkan kita sering buang air besar dalam kondisi yang encer atau mencret. Itulah beberapa penyakit yang bisa menyerang karena malas mencuci. Yuk mulai sekarang jangan lagi malas cuci tangan agar tubuh tidak mudah terserang berbagai penyakit. Untuk cara mencuci tangan yang dianjurkan, awali dengan membasahi tangan dengan air bersih. Kemudian, tuangkan sabun dan usapkan ke seluruh bagian tangan, termasuk bagian sela-sela jari dan kuku. Selanjutnya, bilas dengan air bersih sampai sabun tidak tersisa. Terakhir, keringkan tangan dengan lap kain bersih atau tisu.

 18 Februari 2020
Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Punggung Terasa Nyeri

Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Punggung Terasa Nyeri

Nyeri punggung umumnya akan terasa saat tulang belakang terluka atau adanya cedera pada otot & ligamen yang mendukung tulang belakang. Selain itu, osteoporosis, osteoartritis, stenosis tulang belakang, fibromyalgia juga bisa menjadi penyebab munculnya sakit punggung. Nah, jika Wong Coco Family tidak menderita penyakit yang disebutkan di atas tapi merasakan sakit pada punggung, maka penyebabnya mungkin karena kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Berikut adalah kebiasaan yang bisa menyebabkan sakit punggung. 1. Postur tubuh yang buruk Postur tubuh yang buruk bisa merusak tulang belakang Anda dan juga menyebabkan ketidak sejajaran tulang belakang yang berisiko meningkatkan stres pada lutut. Untuk memperbaiki postur tubuh, saat berdiri atau duduk usahakan dalam posisi tegak dengan dada terangkat dan tegakkan juga bagian bahu. Wong Coco Family juga bisa melakukan peregangan tulang belakang untuk memperbaiki kondisi tulang belakang. 2. Posisi tubuh saat memegang ponsel Saat menatap layar ponsel dengan posisi membungkuk dan postur kepala yang terlalu ke depan bisa menyebabkan tulang belakang atas ke posisi over-flaxed yang akhirnya berisiko memadatkan cakram tulang belakang dalam jangka panjang. Hal inilah yang kemudian menimbulkan sakit pada bagian punggung. 3. Merokok Selain berisiko mengganggu kesehatan organ paru, merokok juga bisa menggangu kesehatan tulang belakang kita. Sakit punggung bisa disebabkan oleh nikotin yang terkandung dalam rokok yang mengganggu aliran darah normal di sekitar tulang belakang, sehingga mempengaruhi tulang dan menyebabkan degenerasi dini. Merokok juga berisiko menghambat kemampuan cakram untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga tulang belakang tetap sehat. Melihat penjelasan di atas, ada baiknya jika kita menghentikan kebiasaan-kebiasaan di atas agar rasa nyaman yang terganggu karena sakit punggung bisa kita hindari. Semoga informasi ini bermanfaat dan jika Wong Coco Family ingin penjelasan lebih lanjut tentang hal ini bisa berkonsultasi langsung dengan ahli medis.

 13 April 2020
Begini Cara Cepat Tidur yang Mudah dan Praktis

Begini Cara Cepat Tidur yang Mudah dan Praktis

Insomnia (sulit tidur) merupakan gangguan kesehatan yang harus mendapatkan penanganan yang tepat, karena kalau dibiarkan bisa berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa cara cepat tidur yang bisa Wong Coco Family coba. 1. Tidurlah di jam yang sama setiap malam Coba mulai dari sekarang biasakan tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Kebiasaan ini akan membuat tubuh menjadi terbiasa tidur dan bangun di jam yang sama. 2. Matikan semua gadget Matikan semua gadget, seperti telepon seluler, tablet atau laptop, sekitar 1,5 jam sebelum tidur. Kalau kamu terbangun di tengah malam, disarankan juga untuk tidak menyalakan telepon seluler, karena cahaya yang dipancarkan akan menurunkan produksi hormon melatonin (hormon yang membantu tubuh untuk beristirahat), sehingga membuat tidur bisa terganggu. 3. Jangan konsumsi makanan atau minuman tinggi lemak sebelum tidur Mengonsumsi makanan atau minuman tinggi lemak dekat dengan waktu tidur akan membuat tubuh bekerja ekstra keras untuk memecah lemak, sehingga membuat kamu menjadi lebih susah tidur. 4. Mandi air hangat sebelum tidur Mandi air hangat sebelum tidur di malam bisa membantu tubuh menjadi lebih rileks, yang akhirnya akan membantu kamu bisa tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Itulah beberapa cara cepat tidur yang bisa Wong Coco Family coba. Jika cara-cara di atas belum bisa membantu, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat!

 21 Januari 2020