Artikel

Ini Resiko Terlalu Lama Bekerja di Depan Layar

06 April 2020
Ini Resiko Terlalu Lama Bekerja di Depan Layar

Wong Coco Family pasti sudah banyak yang tahu bahwa berada di depan komputer dalam jangka waktu lama bisa mengganggu kesehatan mata, seperti menurunnya kemampuan penglihatan. Tapi sebenarnya, tidak hanya kesehatan mata yang bisa terganggu.

Ada beberapa bahaya kesehatan lainnya jika kita terlalu lama bekerja di depan layar komputer dan berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Sakit punggung

Jurnal dari Marmara University School of Medicine Student Congress mengungkapkan setidaknya 94 persen pengguna komputer dalam jangka waktu lama merasakan sakit punggung.

2. Sindrom carpal tunnel

Sindrom carpal tunnel disebabkan tertekannya sistem saraf yang letaknya ada di bawah pergelangan tangan. Gejalanya, kesemutan pada tangan dan jari yang bisa berlanjut pada rasa sakit di pergelangan dan lengan sampai bahu, leher dan bisa juga sampai ke bagian tubuh lainnya. Kalau dibiarkan, kita bisa kesulitan memegang barang kecil dan mengalami lemah otot.

3. Gangguan tidur

Gangguan tidur bisa terjadi akibat menghabiskan waktu terlalu lama di depan layar, bahkan mungkin tidak jarang sampai begadang. Hal inilah yang menyebabkan gangguan (kurang) tidur yang bisa berefek pada hal lainnya, seperti susah berkonsentrasi, mudah lelah dan risiko serangan jantung menjadi meningkat.

Itulah beberapa bahaya kesehatan lainnya jika kita terlalu lama bekerja di depan layar komputer, selain menyebabkan gangguan kesehatan mata. Semoga bermanfaat informasinya dan jika Wong Coco Family ingin penjelasan selengkapnya tentang hal ini bisa berkonsultasi langsung dengan ahli medis.

“Lihat Artikel Lainnya”

Manfaat Cincau Hitam bagi Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Cincau Hitam bagi Kesehatan Tubuh Kita

Cincau hitam yang biasanya digunakan sebagai campuran es buah atau minuman kaleng ini memiliki tekstur kenyal seperti jelly. Tidak hanya dingin menyegarkan menghapus dahaga, cincau hitam juga kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja? Berikut adalah beberapa manfaat cincau hitam bagi kesehatan tubuh kita. Bantu Atasi Sembelit Pola makan yang tidak teratur dan kurangnya konsumsi serat dapat menyebabkan sembelit. Nah, untuk membantu mengatasi sembelit, kita bisa mengonsumsi cincau hitam yang kaya serat. Bantu Meredakan Perut Kembung Masuk angin dan mual ketika menempuh perjalanan jauh bisa menyebabkan perut terasa kembung. Tidak perlu khawatir karena dengan mengonsumsi cincau hitam gejala perut kembung dan mual bisa diatasi. Membantu Program Diet Cincau hitam yang rendah kalori tapi tinggi serat bisa membantu mereka yang sedang menjalani program diet yang sehat. Agar programnya berhasil, saat mengonsumsinya, jangan memakai gula atau pemanis tambahan ya. Bantu Cegah Risiko Diabetes Melitus, Penyakit Jantung, & Stroke Kandungan serat pada cincau hitam bisa mengikat gula, lemak, dan kolesterol dalam tubuh. Hal ini bermanfaat untuk bisa membantu menurunkan kita terkena resiko diabetes melitus, penyakit jantung, dan stroke. Semoga informasi tentang manfaat cincau hitam bagi kesehatan tubuh ini bermanfaat untuk Wong Coco Family semua. Jika Wong Coco Family ingin mengonsumsi cincau hitam dengan cara yang praktis, pilihlah Wong Coco Cin Cau yang dibuat dengan ekstrak daun cincau hitam dan diproses tanpa menggunakan pemanis buatan. Minuman segar ini juga sangat cocok untuk dinikmati ketika cuaca terik.

 27 Maret 2020
Kebiasaan Baru Bekerja di Fase New Normal

Kebiasaan Baru Bekerja di Fase New Normal

Untuk mereka yang sudah harus bekerja di kantor di masa fase new normal, selain harus tetap menjalani protokol kesehatan, mereka juga harus bisa menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru untuk mengantisipasi penularan virus corona (Covid-19). Dilansir dari laman situs Tribun Jakarta, Dr. dr. Astrid Widajati Sulistomo, MPH, Sp.Ok, Ketua Perhimpunan Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia (PERDOKI), mengingatkan ketika mulai bekerja harus memakai masker, jaga jarak dan membawa baju ganti untuk menjaga kebersihan diri. dr. Astrid juga menyarankan kepada seluruh perusahaan yang karyawannya sudah masuk bekerja di kantor untuk meningkatkan pemantauan kesehatan kepada seluruh karyawan dengan menerapkan skrining dan identifikasi para pekerja. Sebelum masuk ke kantor, pihak perusahaan harus melakukan pemeriksaan suhu dengan thermal scanner para karyawannya. Jika diketahui suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat maka karyawan tersebut tidak boleh masuk atau bekerja di kantor. Perusahaan juga sebaiknya memantau gejala-gejala awal, mulai dari demam, batuk, sakit tenggorokan, sampai tubuh yang lemas. Pengawasan ini bisa dilakukan setiap hari di pagi hari ketika para karyawan masuk. Kemudian, ruangan di kantor juga harus disemprot dengan desinfeksi dua sampai empat kali sehari dan penyediaan hand sanitizer di ruangan-ruangan kantor juga sangat disarankan untuk disediakan oleh pihak perusahaan. Terakhir dr. Astrid, juga menyarankan agar perusahaan jangan mengumpulkan pekerja dalam jumlah banyak di satu lokasi atau ruangan, dan tidak mengadakan kerja lembur lebih dari jam kerja pada umumnya, yaitu delapan jam.  

 12 Agustus 2020
Puasa Gadget Sehari, Ini Manfaat yang Bisa Dirasakan

Puasa Gadget Sehari, Ini Manfaat yang Bisa Dirasakan

Gadget memang dibuat untuk memberi penggunanya kemudahan dan membantu pekerjaan saat melakukan kegiatan sehari-hari. Tetapi ingat Wong Coco Family, ketika gadget dipakai secara berlebihan, kita akan lebih merasakan efek buruknya ketimbang manfaatnya. Karena itulah, cobalah untuk sesekali melakukan puasa gadget selama sehari penuh. Dengan begitu beberapa manfaat di bawah ini akan bisa kamu rasakan. 1. Bisa makan dengan benar Pasti tidak jarang kamu menjumpai seseorang makan sembari memegang gadget. Padahal kebiasaan ini kurang baik karena mungkin saja kamu bisa tersedak saat makan dengan memegang gadget. Supaya terhindar dari bahaya tersebut, ada baiknya meletakkan dahulu gadget kamu. 2. Mata terasa lebih segar Ketika mata kamu terlalu lama menatap layar laptop atau smartphone, otot mata biasanya akan terasa lelah. Ditambah lagi radiasi yang dipancarkan dari layar gadget juga tergolong kuat. Nah, puasa gadget bisa membuat mata kamu menjadi lebih rileks dan segar. 3. Pikiran lebih tenang Pikiran juga bisa menjadi lebih tenang jika kamu mencoba puasa gadget selama sehari karena pikiran kita bisa istirahat sejenak dari informasi yang biasa kita dapatkan dari gadget yang seringkali menguras emosi dan pikiran kita. 4. Terhindari dari infeksi telinga Berbicara di telepon seluler selama berjam-jam memang asyik. Begitu juga mendengarkan musik dari aplikasi musik yang saat ini sedang marak digunakan. Tapi, tahukah kamu ternyata kebiasaan ini bisa menyebabkan menjadi telinga jadi berdengung dan berisiko terkena infeksi telinga. Karena itulah, ada baiknya kamu sesekali puasa gadget agar kesehatan telinga bisa lebih terjaga. Itulah beberapa manfaat yang bisa dirasakan saat kamu memutuskan untuk sesekali puasa gadget. Sesekali dicoba yuk, Wong Coco family!

 10 Januari 2020