Artikel

Cara Mencegah Tertular Penyakit Ketika Naik Kendaraan Umum

05 Maret 2020
Cara Mencegah Tertular Penyakit Ketika Naik Kendaraan Umum

 

Saat wabah penyakit corona merebak, kita disarankan untuk tetap di rumah dan menghindari aktivitas di luar rumah. Tapi jika memang Wong Coco Family harus keluar rumah dan menumpang kendaraan umum, ada beberapa cara mencegah tertular penyakit ketika naik kendaraan umum, termasuk virus corona.

Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Hindari bepergian pada jam sibuk

Kalau memungkinkan, hindarilah angkutan umum yang penuh sesak di jam sibuk. Dilansir dari laman situs health kompas, menurut Profesor epidemiologi Dr. Stephen S. Morse dari Mailman School of Public Health Columbia University, AS, kepadatan suatu tempat merupakan salah satu faktor utama penularan virus. Cara ini juga sudah terbukti keampuhannya dalam menekan penyebaran virus corona di Wuhan, China.

2. Jangan menyentuh wajah, mulut, mata & hidung

Tangan kita merupakan pintu masuk berbagai penyakit menular. Ketika tangan yang kotor menyentuh beberapa bagian wajah, virus yang menempel di tangan dari benda sekitar yang kita sentuh dengan tangan bisa masuk ke dalam tubuh. Karena itu, sebisa mungkin hindari memegang wajah ketika kondisi tangan belum benar-benar bersih.

3. Lindungi diri dari paparan batuk atau bersin

Ketika seseorang batuk atau bersin tanpa masker di transportasi umum, usahakan menjauhi sumber penyakit tersebut. Jika kondisi transportasi publik sedang penuh sesak dan tidak mungkin menjauh, membuang muka dari sumber batuk atau bersin tanpa pelindung masker tersebut bisa menjadi solusi sementara.

4. Bersihkan tangan setelah naik kendaraan umum

Jaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir selama 20 detik, atau Wong Coco Family juga bisa memakai hand sanitizer berbasis alkohol setelah naik transportasi publik. Cara ini ampuh untuk melindungi diri dari berbagai penyakit menular.

5. Bersihkan tas dan barang bawaan

Kalau Wong Coco Family membawa tas atau barang bawaan ketika naik angkutan umum, usahakan untuk selalu menenteng barang tersebut dan tidak menaruhnya di lantai atau permukaan yang belum terjamin kebersihannya. Namun kalau kondisinya tidak memungkinkan, segera bersihkan tas dan barang bawaan setelah naik transportasi umum. Wong Coco Family bisa memakai tisu disinfektan untuk membersihkan tas atau barang bawaan tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat dan ingat untuk selalu melindungi diri agar tidak gampang tertular penyakit dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang serta tidur yang cukup agar daya tahan tubuh tetap prima.

“Lihat Artikel Lainnya”

Tips Sehat Mengurangi Resiko Diabetes

Tips Sehat Mengurangi Resiko Diabetes

Sudah bukan rahasia lagi, diabetes merupakan satu penyakit yang tidak hanya bisa menyebabkan banyak gangguan pada tubuh tapi juga menyebabkan kematian. Diabetes dipicu oleh dua hal, yang pertama adalah gaya hidup yang tidak sehat dan yang kedua adalah faktor keturunan (jika orang tua mengidap diabetes, kemungkinan besar anaknya juga bisa terkena). Walaupun salah satu faktor pemicu diabetes adalah karena memiliki riwayat dari keluarga yang mengidap diabetes, ada beberapa cara yang bisa Wong Coco Family lakukan untuk mengurangi resikonya. 1. Jaga tekanan darah tetap normal (stabil) Mereka yang mengalami tekanan darah tinggi biasanya memiliki tubuh terlalu gemuk dan pola makan yang buruk. Akibatnya, tekanan darah bisa meningkat dan menyebabkan komplikasi lainnya. Karena itulah, sebaiknya periksa tekanan darah ke klinik secara rutin atau kamu bisa membeli sendiri alat pengukur detak jantung digital yang bisa dibeli dengan mudah di toko alat kesehatan atau apotik. 2. Jaga kolesterol tubuh Level kolesterol tubuh bisa naik karena banyak hal.  Tapi yang paling sering adalah pola makan yang buruk. Terlalu sering mengonsumsi makanan bersantan, berlemak, dan terlalu asin bisa menyebabkan kita mengalami kolesterol tinggi dan diabetes. 3. Kurangi konsumsi gula Salah satu pemicu utama dari diabetes adalah tingginya gula darah. Hal ini bisa terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi gula setiap harinya. Gula disini tidak hanya gula yang biasa dipakai untuk memaniskan minuman atau makanan saja ya. Tapi juga termasuk makanan yang tinggi kandungan gulanya, seperti nasi putih. 4. Rutin Berolahraga Tidak perlu yang berat, olahraga ringan, seperti jalan kaki atau jogging ringan, sudah bisa membantu mengurangi resiko diabetes. Rutin berolahraga bisa membantu melancarkan aliran darah dan gula darah yang dihasilkan oleh tubuh bisa digunakan tubuh dengan maksimal. 5. Menjaga berat badan tetap ideal Untuk mengurangi resiko diabetes, berat badan harus ideal atau paling tidak berada di luar zona obesitas. Cara yang paling mudah untuk menjaga berat badan adalah menerapkan gaya hidup sehat, menentukan pola diet yang tepat dan rutin berolahraga. Itulah beberapa tips sehat mengurangi resiko diabetes. Semoga bermanfaat!

 20 Januari 2020
Konsumsi 5 Buah Ini untuk Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh

Konsumsi 5 Buah Ini untuk Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh adalah salah satu faktor penting di tengah wabah infeksi virus corona atau COVID-19 yang sedang terjadi banyak negara, termasuk di negara kita, Indonesia. Daya tahan tubuh yang bisa membantu melindungi tubuh dari ancaman berbagai penyakit, termasuk infeksi virus corona. Selain suplemen dan rempah-rempah, Wong Coco Family juga bisa mengkonsumsi beberapa buah yang efektif untuk menjaga daya tahan tubuh. Buah apa saja? Berikut adalah 5 buah yang bisa kita konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 1. Jeruk Vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk adalah salah satu nutrisi penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Vitamin C diketahui bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang bertugas untuk memerangi infeksi. 2. Pepaya Pepaya juga mengandung vitamin C. Tidak hanya itu, buah ini juga mengandung enzim pencernaan yang disebut papain yang bisa membantu tubuh melawan peradangan. 3. Kiwi Secara alami kiwi mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk di antaranya folat, kalium, vitamin K & vitamin C. 4. Semangka Tak hanya segar, semangka juga kaya senyawa antioksidan yang disebut glutathione. Senyawa ini bisa membantu daya tahan tubuh sehingga bisa melawan infeksi. 5. Delima Dilansir dari laman situs CNNIndonesia, Orang-orang Mesir Kuno sering memakai buah delima untuk mengobati infeksi. Sebagian besar penelitian juga menyebutkan bahwa ekstrak delima bisa membantu tubuh melawan bakteri dan virus. Itulah 5 Buah yang bisa Wong Coco Family konsumsi untuk bantu jaga daya tahan tubuh. Semoga informasinya bermanfaat dan ingat untuk juga menjaga kebersihan tubuh ya!    

 25 Maret 2020
Ini Manfaat Makanan Ringan Selain Penunda Lapar

Ini Manfaat Makanan Ringan Selain Penunda Lapar

Makanan ringan atau biasa disebut juga dengan camilan sering kita konsumsi sebagai makanan penunda lapar. Selain penunda lapar, makanan kecil juga menyimpan banyak manfaat yang mungkin Wong Coco Family belum ketahui. Apa saja manfaat tersebut? Berikut adalah beberapa di antaranya.   Mengontrol Berat Badan   Mengonsumsi makanan ringan bisa membuat kita terhindar dari kelaparan ekstrim sehingga saat waktunya jam makan kita tidak makan berlebihan. Dengan berkurangnya keinginan untuk makan berlebih, maka kita bisa dengan mengontrol berat badan. Tapi ingat, makanan ringan yang dikonsumsi juga sebaiknya tidak berlebihan.   Meningkatkan Mood   Mengonsumsi makanan ringan di kantor sangat dibutuhkan untuk membantu menjaga dan meningkatkan mood, sehingga kita menjadi bisa tetap tenang, fokus dan selalu optimis pada saat masalah atau tantangan muncul dalam pekerjaan di kantor.   Meningkatkan Asupan Nutrisi   Makanan ringan juga bisa menambah asupan nutrisi dalam tubuh, seperti buah dan sayuran yang mampu membantu sistem kekebalan tubuh. Pilihan makanan ringan bernutrisi lain seperti yogurt, keju rendah lemak bisa membantu memenuhi asupan protein yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.   Itulah beberapa manfaat makanan ringan selain penunda lapar. Nah, satu pilihan makanan ringan yang bisa Wong Coco Family pilih adalah Wong Coco Pudding.  Pudding persembahan Wong Coco ini dibuat dengan purée buah mangga dan jambu biji merah, serta perisa kelapa.     Wong Coco Pudding juga dibuat dengan susu tanpa lemak yang membuat kita ngemil tanpa perlu takut gembil, serta berisi Nata de Coco yang akan melengkapi sensasi kunyah yang lembut dan kenyal secara bersamaan. Wong Coco Pudding sangat cocok untuk dikonsumsi langsung dan menjadi makanan ringan penunda lapar. Jadi jangan lupa untuk sediakan Wong Coco Pudding dirumah ataupun dikantor!

 02 Februari 2021