Artikel

Tips Sederhana Mencegah Virus Corona

12 Februari 2020
Tips Sederhana Mencegah Virus Corona

Wong Coco family, virus Corona (2019-nCoV) sudah menyerang ribuan orang di banyak negara dan telah mengakibatkan ratusan jiwa meninggal dunia. Karena dinilai sangat berbahaya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menghimbau agar masyarakat dunia tidak memandang remeh penyakit ini dan disarankan untuk melakukan tindakan pencegahan.

Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang bisa Wong Coco Family lakukan untuk mencegah infeksi virus Corona.

1. Rutin mencuci tangan dengan benar

Rutin mencuci tangan dengan benar merupakan cara paling sederhana tetapi sangat efektif untuk mencegah penyebaran virus 2019-nCoV. Selalu cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, minimal selama 20 detik. Jangan lupa pastikan seluruh bagian tangan tercuci bersih, termasuk bagian punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan juga kuku.

Cucilah tangan secara teratur, khususnya sebelum dan setelah makan, setelah pergi ke toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, dan setelah bersin atau batuk.

2. Memakai masker ketika berkegiatan

Ada dua tipe masker yang bisa Wong Coco Family pakai untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah (sekali pakai) dan masker N95. Masker bedah mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga tidak sedikit yang memilih untuk memakainya saat beraktivitas sehari-hari.

Cara pakai masker bedah yang tepat adalah sisi yang berwarna pada masker menghadap ke luar, sementara sisi dalam yang putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Sisi berwarna putih ini dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara.

Masker ini memang tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun pemakaian masker ini tetap bisa membantu menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona.

Sedangkan masker N95 merupakan masker yang didesain untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Jenis masker inilah yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus Corona. Tapi sayangnya, masker ini kurang nyaman untuk dipakai sehari-hari dan dibanderol dengan harga yang relatif mahal.

3. Selalu menjaga imun tubuh

Imun tubuh yang prima bisa membantu mencegah masuknya berbagai macam penyakit ke tubuh kita. Untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh, Wong Coco Family disarankan untuk selalu makan makanan bergizi.

Selain itu, melakukan olahraga secara rutin, cukup istirahat, tidak merokok, dan tidak minum minuman beralkohol juga bisa meningkatkan imun tubuh supaya terhindar dari penularan virus Corona.

4. Tunda bepergian ke negara terjangkit

Tidak cuma Tiongkok, infeksi virus Corona kini juga sudah mewabah ke beberapa negara lain, seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, India, Amerika Serikat, dan negara-negara di benua Eropa. Virus Corona bahkan juga sudah terkonfirmasi ditemukan di negara-negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Supaya tidak tertular virus Corona, Wong Coco Family disarankan untuk tidak atau menunda terlebih dahulu bepergian ke tempat-tempat yang sudah terdapat kasus infeksi virus Corona atau berpotensi menjadi lokasi penyebaran.

5. Tidak mengonsumsi hewan yang berisiko menularkan virus corona

Virus corona jenis baru, 2019-nCoV, diduga berasal dari hewan-hewan tertentu, seperti kelelawar, kucing dan unta. Oleh karena itu, jangan konsumsi hewan-hewan tersebut.

Selain itu, kalau ingin mengonsumsi daging atau ikan, pastikan daging atau ikan tersebut sudah dicuci dan dimasak dengan benar-benar matang. Hindari mengkonsumsi daging atau ikan yang sudah tidak segar atau busuk.

Itulah beberapa tips sederhana mencegah virus corona. Semoga bermanfaat dan ingat untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan menjalani gaya hidup sehat ya, Wong Coco Family! 

“Lihat Artikel Lainnya”

Jalan-jalan di Mal Wajib Pakai Masker di Masa New Normal

Jalan-jalan di Mal Wajib Pakai Masker di Masa New Normal

Memasuki masa New Normal, pengelola beberapa pusat belanja akan menerapkan protokol kesehatan bagi seluruh pengunjungnya. Saat mal dibuka kembali, seluruh pengunjung mall wajib mematuhi protokol kesehatan yang salah satunya adalah selalu memakai masker penutup mulut. Dilansir dari laman situs CNN Indonesia, sebagai langkah persiapan, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat, telah menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) di masa New Normal. Menurut Ellen, di masa New Normal, cuma pengunjung dengan temperatur atau suhu badan normal yang diizinkan untuk masuk. Karena itu, pengecekan suhu badan akan diberlakukan di seluruh pintu masuk mal. Tidak hanya pengunjung, seluruh karyawan mall dan tenant juga wajib memakai masker dan mengenakan bahan pelindung tubuh yang wajar sesuai dengan industrinya masing-masing. Di beberapa pusat perbelanjaan yang memang keadaannya memungkinkan, rencananya akan ditambah wastafel atau tempat cuci tangan di beberapa lokasinya. Pengaturan jarak juga akan diterapkan di mal untuk memastikan para pengunjung mengikuti tata cara social distancing (jaga jarak), termasuk saat antri di lift dan elevator. Di area foodcourt, akan dilakukan penataan ulang dengan jarak yang lebih lebar antara meja dan kursinya. Tiap penyedia layanan juga harus mengatur jarak aman antar pengunjung dan penjual, contohnya memasang sekat plastik di area kasir yang memisahkan antara kasir dan pengunjung. Itulah beberapa hal yang harus Wong Coco Family perhatikan saat mengunjungi mal di era New Normal. Semoga informasinya bermanfaat dan tetap mematuhi protokol kesehatan ya saat mengunjungi mal!

 16 Juni 2020
Biasa Begadang Saat Tahun Baru? Ini Tips Sehat dari Ahli Medis

Biasa Begadang Saat Tahun Baru? Ini Tips Sehat dari Ahli Medis

Harus diakui, secara medis, begadang memang tidak baik untuk kesehatan. Tetapi, jika Wong Coco Family ingin tetap terjaga saat menanti tahun baru 2022, ada baiknya jika mengikuti beberapa tips sehat dari ahli medis berikut ini.   Dilansir dari laman CNN Indonesia, Andreas Prasadja, dokter spesialis kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, mengungkapkan, yang paling benar harusnya dari beberapa hari yang lalu (sebelum malam tahun baru) jangan begadang, jadi sudah cukup tidur untuk begadang di tahun baru.   Namun, jika memang tidak sempat melakukan persiapan sejak beberapa hari sebelumnya, Wong Coco Family sebaiknya memperhatikan asupan kafein yang masuk ke tubuh hari pergantian tahun baru. Dr. Andreas menyarankan, jangan minum kopi tengah malam untuk membuat tetap terjaga. Jika Wong Coco Family ingin minum kopi, sebaiknya pada jam 6, 7, atau jam 8 malam, supaya setelah selesai merayakan tahun baru bisa langsung tidur.   Setelah selesai acara tahun baru, jika belum merasa mengantuk, kita disarankan untuk bersantai sejenak selama 15 menit sebelum bersih-bersih tubuh dan beristirahat. Ini dilakukan agar membuat tubuh lebih santai dan lebih mudah untuk tidur. Tapi, jika memang Wong Coco Family sudah merasa mengantuk dan lelah setelah merayakan tahun baru, segeralah bersih-bersih tubuh dan segera tidur.   Semoga informasinya bermanfaat dan ingat untuk tetap menjaga protokol kesehatan selama merayakan tahun baru ya, Wong Coco Family!

 21 Desember 2021
Dampak Buruk Terlalu Sering Mandi Malam Hari

Dampak Buruk Terlalu Sering Mandi Malam Hari

Untuk mereka yang sibuk bekerja dari pagi sampai malam hari, tentu ingin membersihkan tubuh agar dapat tidur dengan nyenyak di malam hari. Tapi, konon, mandi malam tidak baik untuk kesehatan tubuh. Mandi malam ternyata memiliki beberapa manfaat, tapi ingat, bisa berubah menjadi bahaya jika Wong Coco Family mengabaikan beberapa faktor penting. Dilansir dari laman situs idntimes, menurut dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid, hal-hal yang perlu diperhatikan saat ingin mandi malam hari adalah kondisi tubuh (sedang sehat atau sakit), suhu udara saat itu (sangat dingin atau tidak), dan keadaan atau suhu air saat itu (sangat dingin atau tidak). Hal-hal tersebut perlu diperhatikan karena kalau tidak bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Apa saja? Berikut adalah beberapa di antaranya. 1. Tubuh menjadi demam Suhu tubuh akan meningkat di malam hari dan hal ini menyebabkan pori-pori kulit terbuka. Air yang terlalu dingin bisa meresap masuk dan akhirnya berpadu dengan suhu panas tubuh. Inilah yang bisa membuat sistem daya tahan tubuh menurun dan kita jadi lebih rentan terkena demam. 2. Menyebabkan asam urat Mandi di malam hari dengan air yang dingin di malam hari bisa menyebabkan asam urat. Terasa segar memang, tapi air dingin bisa menyebabkan sendi-sendi terasa nyeri. Ingat, seiring bertambahnya usia, cairan sendi akan mengalami perubahan komposisi. 3. Memicu paru-paru basah Terlalu sering mandi malam dengan air dingin juga bisa memicu paru-paru basah. Mereka yang terlalu sering mandi dengan air dingin di malam hari berisiko mengalami masalah pernapasan seperti batuk dan masalah pernapasan lainnya. 4. Nyeri otot Pori-pori kulit yang terbuka di malam hari menyebabkan bercampurnya suhu tubuh yang tinggi dengan air dingin yang digunakan untuk mandi. Hal inilah yang bisa menyebabkan rasa nyeri pada otot. Semoga informasi ini bermanfaat dan ingat jika memang harus mandi di malam hari, sebaiknya gunakan air hangat dan pastikan tubuh tidak dalam keadaan sakit agar dampak buruk yang disebutkan di atas bisa dihindari.

 11 Maret 2020