Artikel

Tips Sederhana Mencegah Virus Corona

12 Februari 2020
Tips Sederhana Mencegah Virus Corona

Wong Coco family, virus Corona (2019-nCoV) sudah menyerang ribuan orang di banyak negara dan telah mengakibatkan ratusan jiwa meninggal dunia. Karena dinilai sangat berbahaya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menghimbau agar masyarakat dunia tidak memandang remeh penyakit ini dan disarankan untuk melakukan tindakan pencegahan.

Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang bisa Wong Coco Family lakukan untuk mencegah infeksi virus Corona.

1. Rutin mencuci tangan dengan benar

Rutin mencuci tangan dengan benar merupakan cara paling sederhana tetapi sangat efektif untuk mencegah penyebaran virus 2019-nCoV. Selalu cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, minimal selama 20 detik. Jangan lupa pastikan seluruh bagian tangan tercuci bersih, termasuk bagian punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan juga kuku.

Cucilah tangan secara teratur, khususnya sebelum dan setelah makan, setelah pergi ke toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, dan setelah bersin atau batuk.

2. Memakai masker ketika berkegiatan

Ada dua tipe masker yang bisa Wong Coco Family pakai untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah (sekali pakai) dan masker N95. Masker bedah mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga tidak sedikit yang memilih untuk memakainya saat beraktivitas sehari-hari.

Cara pakai masker bedah yang tepat adalah sisi yang berwarna pada masker menghadap ke luar, sementara sisi dalam yang putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Sisi berwarna putih ini dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara.

Masker ini memang tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun pemakaian masker ini tetap bisa membantu menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona.

Sedangkan masker N95 merupakan masker yang didesain untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Jenis masker inilah yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus Corona. Tapi sayangnya, masker ini kurang nyaman untuk dipakai sehari-hari dan dibanderol dengan harga yang relatif mahal.

3. Selalu menjaga imun tubuh

Imun tubuh yang prima bisa membantu mencegah masuknya berbagai macam penyakit ke tubuh kita. Untuk menjaga dan meningkatkan imun tubuh, Wong Coco Family disarankan untuk selalu makan makanan bergizi.

Selain itu, melakukan olahraga secara rutin, cukup istirahat, tidak merokok, dan tidak minum minuman beralkohol juga bisa meningkatkan imun tubuh supaya terhindar dari penularan virus Corona.

4. Tunda bepergian ke negara terjangkit

Tidak cuma Tiongkok, infeksi virus Corona kini juga sudah mewabah ke beberapa negara lain, seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, India, Amerika Serikat, dan negara-negara di benua Eropa. Virus Corona bahkan juga sudah terkonfirmasi ditemukan di negara-negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Supaya tidak tertular virus Corona, Wong Coco Family disarankan untuk tidak atau menunda terlebih dahulu bepergian ke tempat-tempat yang sudah terdapat kasus infeksi virus Corona atau berpotensi menjadi lokasi penyebaran.

5. Tidak mengonsumsi hewan yang berisiko menularkan virus corona

Virus corona jenis baru, 2019-nCoV, diduga berasal dari hewan-hewan tertentu, seperti kelelawar, kucing dan unta. Oleh karena itu, jangan konsumsi hewan-hewan tersebut.

Selain itu, kalau ingin mengonsumsi daging atau ikan, pastikan daging atau ikan tersebut sudah dicuci dan dimasak dengan benar-benar matang. Hindari mengkonsumsi daging atau ikan yang sudah tidak segar atau busuk.

Itulah beberapa tips sederhana mencegah virus corona. Semoga bermanfaat dan ingat untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan menjalani gaya hidup sehat ya, Wong Coco Family! 

“Lihat Artikel Lainnya”

5 Kebiasaan Tidak Sehat yang Harus Dihindari di Bulan Puasa

5 Kebiasaan Tidak Sehat yang Harus Dihindari di Bulan Puasa

Berpuasa di bulan Ramadan adalah kewajiban bagi umat muslim. Mereka yang berpuasa harus menahan lapar, haus, dan hawa nafsu, dari sebelum matahari terbit sampai terbenam. Dilansir dari laman situs kesehatan alodokter,com, dari sisi kesehatan, melakukan ibadah puasa bisa mendatangkan beberapa manfaat, seperti bisa membantu menurunkan berat badan, memperlambat penuaan, serta menurunkan risiko penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker.   Puasa memang banyak sekali memang manfaatnya, namun ingat, ada beberapa kebiasan tidak sehat yang jika kita lakukan, bisa mengganggu kesehatan selama kita berpuasa di bulan Ramadan. Apa saja?  Tidak sahur Santap sahur sangat disarankan untuk dilakukan karena jika tidak bisa membuat cadangan nutrisi dan energi tidak cukup hingga waktu berbuka. Hal inbi bisa mengakibatkan dehidrasi, tubuh terasa lemas, kurang gula darah, dan sakit kepala.   Langsung tidur setelah makan sahur   Langsung tidur setelah makan bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan salah satunya adalah penyakit asam lambung (GERD). Tidur sepanjang hari Ketika bulan puasa, siklus tidur biasanya berubah. Beberapa orang akan memiliki kebiasaan mengurangi waktu tidur di malam hari dan lebih banyak tidur di siang hari. Kebiasaan sebaiknya dihindari karena justru dapat membuat badan lemas. Berlebihan mengonsumsi minuman berkafein Kafein memiliki efek diuretik, yaitu membuat tubuh lebih sering buang air kecil. Tidak hanya menjadi gampang haus, efek ini bisa memicu dehidrasi. Tidak hanya itu, kafein juga bisa meningkatkan produksi asam lambung dan mengiritasi dinding lambung. Makan berlebihan ketika berbuka Kebiasaan makan berlebihan ketika berbuka sebaiknya dihindari karena bisa meningkatkan kerja lambung secara tiba-tiba dan akhirnya muncul timbul keluhan berupa perut kembung dan merasa lemas setelah makan. Tidak hanya itu, makan secara berlebihan juga menyebabkan peningkatan berat badan.   itulah 5 kebiasaan tidak sehat yang harus dihindari di bulan puasa. Semoga informasinya bermanfaat untuk Wong Coco Family semua!

 01 April 2021
Begini Aturan New Normal Ketika Harus Pesan Delivery Makanan

Begini Aturan New Normal Ketika Harus Pesan Delivery Makanan

Anjuran untuk tetap menjalankan protokol kesehatan di masa new normal juga harus kita lakukan ketika memutuskan untuk menggunakan jasa layanan pesan antar makanan online sebagai salah satu cara menghindari infeksi Covid-19. Berikut adalah beberapa protokol kesehatan yang harus dipatuhi ketika memesan makanan secara online supaya terbebas dari resiko terinfeksi Covid-19.   1. Hindari kontak langsung dengan pengirim makanan Minta kepada petugas pengirim makanan untuk cukup meninggalkan pesanan di luar pagar dan usahakan untuk tidak berbincang karena Covid-19 bisa menular melalui percikan air liur (droplet). Setelah pesanan diletakkan di luar pagar, Wong Coco Family bisa mengambil makanan tersebut.   2. Buang bungkus makanan lalu pindahkan ke wadah steril Setelah membawa makanan ke dalam rumah, segeralah membuang pembungkus makanan dan letakkan makanan di wadah atau piring bersih. Memindahkan makanan ke wadah yang lebih bersih merupakan salah satu cara tepat agar terhindar dari Covid-19. Ingat, tidak beda dengan virus lainnya, Covid-19 juga bisa bertahan hidup di permukaan benda, sehingga sangat penting untuk selalu menjaga makanan tetap bersih dan higienis.   3. Mencuci tangan sesegera mungkin Setelah membuang wadah makanan dan memindahkan makanan ke wadah yang bersih, langkah selanjutnya adalah langsung mencuci tangan selama 20 detik dengan memakai sabun.   4. Memanaskan Makanan Belum ada bukti memang yang menyatakan bahwa memanaskan makanan bisa membunuh Covid-19. Tapi, cara ini bisa kita pakai sebagai langkah pencegahan. Menurut studi  yang dilakukan oleh University of Florida pada tahun 2007 mengungkapkan bahwa bahwa memanaskan makanan ke dalam microwave selama 2 menit bisa membunuh 99% patogen dan bakteri.  

 13 Agustus 2020
Bahaya Terbiasa Tidur Tengkurap untuk Kesehatan

Bahaya Terbiasa Tidur Tengkurap untuk Kesehatan

Wong Coco Family termasuk mereka yang sering tidur tengkurap? Jika iya, maka sebaiknya ubah kebiasaan tidur dengan posisi ini karena ternyata posisi ini bisa sangat berbahaya untuk kesehatan. Kenapa posisi ini bisa berbahaya untuk kesehatan? Karena dalam posisi tengkurap, tubuh akan meregangkan leher, menaikkan bahu sampai menyentuh telinga, dan tangan akan berada pada posisi yang kurang nyaman. Hal ini bisa memberi banyak tekanan pada persendian yang akhirnya bisa menimbulkan rasa nyeri. Selain itu, ada beberapa bahaya lain yang mengintai jika kita terbiasa tidur dalam posisi tengkurap. Berikut adalah beberapa bahaya tersebut. 1. Tulang belakang menjadi tegang Tidur tengkurap bisa menyebabkan tulang belakang menegang dan menimbulkan nyeri pada punggung, leher, dan persendian. Tulang belakang yang meregang juga bisa mengganggu fungsi organ yang lain karena tulang belakang bertugas untuk melindungi sistem saraf yang mengontrol seluruh fungsi organ di tubuh kita. 2. Kesehatan usus terganggu Saat tengkurap, bagian punggung bawah akan menahan terlalu banyak tekanan. Hal ini bisa meningkatkan risiko sciatica (kondisi nyeri yang disebabkan oleh saraf rusak atau terjepit). Selain itu, sebuah penelitian juga menemukan, masalah pada punggung bagian bawah bisa menyebabkan sembelit & masalah usus. 3. Menyebabkan masalah pernapasan Sistem pernapasan yang terganggu juga menjadi salah satu bahaya dari terbiasa tidur tengkurap. Ini bisa terjadi karena saat tengkurap, berat tubuh kita akan membebani otot pernapasan. Kondisi ini bisa membuat kita menjadi sulit untuk mengambil napas. Itulah beberapa resiko kesehatan jika kita terbiasa tidur dengan posisi tengkurap. Semoga informasi ini bermanfaat!

 04 Maret 2020