Artikel

Tips Sehat Mengurangi Resiko Diabetes

20 Januari 2020
Tips Sehat Mengurangi Resiko Diabetes

Sudah bukan rahasia lagi, diabetes merupakan satu penyakit yang tidak hanya bisa menyebabkan banyak gangguan pada tubuh tapi juga menyebabkan kematian. Diabetes dipicu oleh dua hal, yang pertama adalah gaya hidup yang tidak sehat dan yang kedua adalah faktor keturunan (jika orang tua mengidap diabetes, kemungkinan besar anaknya juga bisa terkena).

Walaupun salah satu faktor pemicu diabetes adalah karena memiliki riwayat dari keluarga yang mengidap diabetes, ada beberapa cara yang bisa Wong Coco Family lakukan untuk mengurangi resikonya.

1. Jaga tekanan darah tetap normal (stabil)

Mereka yang mengalami tekanan darah tinggi biasanya memiliki tubuh terlalu gemuk dan pola makan yang buruk. Akibatnya, tekanan darah bisa meningkat dan menyebabkan komplikasi lainnya.

Karena itulah, sebaiknya periksa tekanan darah ke klinik secara rutin atau kamu bisa membeli sendiri alat pengukur detak jantung digital yang bisa dibeli dengan mudah di toko alat kesehatan atau apotik.

2. Jaga kolesterol tubuh

Level kolesterol tubuh bisa naik karena banyak hal.  Tapi yang paling sering adalah pola makan yang buruk. Terlalu sering mengonsumsi makanan bersantan, berlemak, dan terlalu asin bisa menyebabkan kita mengalami kolesterol tinggi dan diabetes.

3. Kurangi konsumsi gula

Salah satu pemicu utama dari diabetes adalah tingginya gula darah. Hal ini bisa terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi gula setiap harinya. Gula disini tidak hanya gula yang biasa dipakai untuk memaniskan minuman atau makanan saja ya. Tapi juga termasuk makanan yang tinggi kandungan gulanya, seperti nasi putih.

4. Rutin Berolahraga

Tidak perlu yang berat, olahraga ringan, seperti jalan kaki atau jogging ringan, sudah bisa membantu mengurangi resiko diabetes. Rutin berolahraga bisa membantu melancarkan aliran darah dan gula darah yang dihasilkan oleh tubuh bisa digunakan tubuh dengan maksimal.

5. Menjaga berat badan tetap ideal

Untuk mengurangi resiko diabetes, berat badan harus ideal atau paling tidak berada di luar zona obesitas. Cara yang paling mudah untuk menjaga berat badan adalah menerapkan gaya hidup sehat, menentukan pola diet yang tepat dan rutin berolahraga.

Itulah beberapa tips sehat mengurangi resiko diabetes. Semoga bermanfaat!

“Lihat Artikel Lainnya”

Yuk Mengenal Kandungan Gizi dalam Nata De Coco!

Yuk Mengenal Kandungan Gizi dalam Nata De Coco!

Wong Coco Family pasti sudah tahu bahwa nata de coco merupakan olahan air kelapa. Kandungan gula yang terkandung dalam air kelapa mengalami fermentasi dengan bantuan bakteri Acetobacter Xylinum. Air kelapa sendiri diketahui mengandung mineral dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Lalu, apakah kandungan gizi nata de coco sebanyak kandungan gizi air kelapa? Kandungan Gizi Nata de Coco Berdasarkan studi yang dilakukan Puslitbang Biologi LIPI, kandungan gizi nata de coco per 100 gram nata diketahui mengandung 80% air, 20 gram karbohidrat, 146 kal kalori, 20 gram lemak, 12 mg Kalsium, 2 mg Fosfor dan 0,5 mg Ferrum (besi). Sedangkan kandungan gizi 100 gram nata de coco yang dikonsumsi dengan pemanis atau sirup adalah 67,7% air, 12 mg Kalsium, 0,2% lemak, 2 mg Fosfor (jumlah yang sama untuk vitamin B1 dan Protein), 5 mg zat besi dan 0,01 ng (mikrogram) Riboflavin. Baik untuk Program Diet Nata de coco baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani diet rendah kalori karena kandungan kalorinya cukup rendah. Selain itu, nata de coco juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Karena itulah, jika Wong Coco Family mengalami sembelit atau konstipasi, bisa mengonsumsi nata de coco untuk membantu mengatasinya. Serat nata de coco diketahui terdiri dari dua jenis, yaitu: 1. Serat larut air Serat ini berfungsi mengikat kadar air, menyerap karbohidrat dan melambatkan proses penyerapan glukosa. 2. Serat tidak larut air Serat ini berfungsi melancarkan saluran cerna. Itulah penjelasan singkat tentang kandungan gizi yang ada pada nata de coco. Agar kita bisa mendapatkan manfaat maksimal dari kandungan gizi yang terdapat dalam nata de coco, sangat disarankan untuk tidak menambah pemanis buatan. Salah satu produk Nata de Coco yang dibuat dengan gula asli dan tanpa pemanis buatan adalah Wong Coco Nata de Coco. Jadi, saat Wong Coco Family ingin menambahkan Nata de coco dalam minuman atau sajian lainnya, selalu pilih Wong Coco Nata de Coco!

 03 Februari 2020
3 Makanan Manis untuk Berbuka Puasa

3 Makanan Manis untuk Berbuka Puasa

Makanan dan minuman manis memang dianjurkan untuk sajian berbuka puasa. Tapi ingat, bukan berarti semua makanan atau minuman manis boleh dikonsumsi, terlebih bila mengandung kadar gula tinggi dan mengandung pemanis buatan. Berikut adalah 3 makanan manis yang bisa Wong Coco Family sajikan untuk berbuka puasa. 1. Kolak Hidangan manis yang satu ini adalah hidangan yang paling digemari untuk berbuka puasa. Isi dari kolak bisa berbagai macam, seperti ubi, pisang, biji salak, singkong, labu, dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut lalu dimasak dengan gula merah dan santan. Hidangan ini termasuk makanan manis yang cocok karena gula merah yang digunakan dalam pembuatan kolak adalah jenis pemanis alami yang rendah nilai indeks glikemiknya, sehingga dapat dijadikan pemanis alternatif bagi mereka yang menderita diabetes. Tapi mengonsumsi santan dan gula merah juga secukupnya saja karena jika berlebih justru bisa menimbulkan penyakit. 2. Bubur Kacang Hijau Dilansir dari laman situs hellosehat.com, dalam Journal of Human and Experimental Toxicology, penelitian terkait kacang hijau pada tahun 2011 mengungkapkan bahwa kacang hijau efektif untuk menghambat oksidasi kolesterol jahat atau LDL. Kacang hijau mampu memperbaiki kerusakan di pembuluh darah yang diakibatkan oleh radikal bebas. Tidak hanya itu, antioksidan dalam kacang hijau juga mampu membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Tapi ingat, selalu gunakan gula asli secukupnya saja dalam pembuatannya ya, Wong Coco Family. 3. Jelly Jelly tidak hanya manis dan menyegarkan untuk berbuka puasa tapi juga bisa membantu menurunkan panas dalam. Dilansir dari situs viva.co.id, menurut Dr dr. Samuel Oetoro, MS,SpGK, seorang spesialis gizi klinis, jelly memiliki kandungan airnya tinggi, jika tubuh panas, maka asupan yang dibutuhkan adalah air. Dengan mengonsumsi jelly yang tinggi kandungan airnya, cairan yang masuk ke dalam tubuh bisa tercukupi dan bisa membantu menurunkan panas dalam. Nah, jika Wong Coco Family saat ini ingin berbuka puasa dengan menikmati jelly dengan cara yang praktis, MyJelly dapat menjadi jawabannya. Produk jelly persembahan Wong Coco ini dibuat dengan gula asli tanpa pemanis buatan dan tidak menggunakan bahan pengawet sehingga cocok dinikmati sebagai sajian berbuka puasa.

 25 April 2020
Trik Pintar agar Si Kecil Mau Bantu Pekerjaan di Rumah

Trik Pintar agar Si Kecil Mau Bantu Pekerjaan di Rumah

Salah satu cara yang paling efektif untuk melatih Si Kecil belajar mandiri dan tidak bergantung pada orang lain adalah dengan mengajaknya untuk membantu pekerjaan di rumah. Awalnya mungkin akan tidak mudah, tapi trik pintar agar Si Kecil mau bantu pekerjaan di rumah berikut ini layak dicoba.   Jadikan Pekerjaan di Rumah Menjadi Kegiatan yang Mengasyikkan Para orang tua disarankan untuk memberi contoh dengan tidak mengeluh saat melakukan pekerjaan rumah, sehingga saat anak-anak melihat orangtuanya melakukan pekerjaan rumah tersebut dengan bahagia, mereka juga akan melihatnya sebagai hal yang juga menyenangkan untuk dilakukan.   Mulai dari Hal yang Sederhana Wong Coco Family bisa memulai mengajak Si Kecil membantu pekerjaan rumah dari pekerjaan yang sederhana dan sesuaikan dengan kemampuan Si Kecil. Sebagai contoh, Si Kecil yang belum bisa menyapu karena tangannya belum kuat memegang sapu dan menggunakannya dengan benar bisa mulai membantu dengan cukup mengambilkan sapu. Jika Si Kecil memang belum bisa mencuci, dia bisa membantu mengambilkan sabun, spons atau peralatan mencuci lainnya.   Beri Pujian dan Apresiasi Saat anak sudah bersedia membantu melakukan pekerjaan rumah, jangan lupa untuk beri pujian dan apresiasi kepadanya setelah dia selesai melakukan pekerjaan rumah. Meskipun bila pekerjaannya belum sempurna dan banyak kekurangan, memberi pujian tetap harus dilakukan. Dengan memberi pujian, selain anak akan lebih bersemangat melakukan pekerjaan rumah, mereka juga akan merasa lebih dihargai.   Selain pujian, Wong Coco Family juga bisa memberi mereka apresiasi atau reward, seperti menyajikan makanan atau cemilan favorit mereka. Bicara cemilan favorit anak-anak, salah satu cemilan yang bisa Wong Coco Family berikan sebagai reward karena Si Kecil sudah bersedia membantu pekerjaan rumah adalah MyJelly.     Jelly yang satu ini memang cocok untuk dijadikan reward bagi si kecil yang sudah berhasil belajar melakukan pekerjaan rumah, karena MyJelly merupakan jelly yang dibuat dengan gula asli dan tanpa bahan pengawet. Hadir dengan cup bintang yang lucu dengan rasa apel, anggur, leci, stroberi dan melon.

 19 Januari 2022