Artikel

Tips Puasa Tetap Lancar di Tengah Pandemi Covid-19

01 April 2021
Tips Puasa Tetap Lancar di Tengah Pandemi Covid-19

Seperti bulan Ramadan tahun 2020 yang lalu, bulan puasa tahun ini kita semua masih harus tetap menerapkan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran virus corona yang saat ini masih menjadi pandemi di banyak negara, termasuk Indonesia. Dilansir dari laman situs kesehatan halodoc.com, berikut adalah beberapa tips puasa yang bisa Wong Coco Family tetap lancar di tengah pandemi Covid-19 yang dianjurkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

 

  1. Pastikan Kebutuhan Gizi dan Air Tercukupi

 

Tidak hanya untuk mempertahankan stamina yang diperlukan untuk beraktivitas, gizi yang cukup dapat menjaga imun tubuh sehingga bisa meminimalisir risiko terinfeksi virus Covid-19. Karena itu, Wong Coco Family harus selalu memperhatikan asupan gizi dan hidrasi saat berbuka dan santap sahur. Konsumsilah makanan bernutrisi tinggi dan jangan lupa untuk juga menjaga asupan air minimal 8 gelas per hari.

 

  1. Selalu Berolahraga

 

Puasa bukan alasan untuk tidak berolahraga dan bermalas-malasan sepanjang hari. Wong Coco Family tetap harus melakukan kegiatan fisik, seperti olahraga ringan, selama berpuasa agar kebugaran tubuh tetap terjaga dan menurunkan stres. Tapi ingat, karena masih pandemi, cukup lakukan olahraga di dalam rumah saja atau mengikuti kelas online, seperti yoga atau aerobik di rumah.

 

  1. Stop Merokok

 

Selama berpuasa, terlebih saat pandemi masih berlangsung, kita semua disarankan untuk stop merokok. Perokok biasanya sudah memiliki kapasitas paru-paru yang berkurang. Nah, kondisi ini bisa meningkatkan risiko seseorang terjangkit virus corona dan akhirnya bisa menyebabkan seseorang tidak bisa menjalankan ibadah puasa dengan maksimal.

 

  1. Tidak Memaksakan Diri Berpuasa Ketika Sakit

 

Mereka yang sakit, termasuk yang terinfeksi virus corona, tidak diwajibkan berpuasa.  Jangan memaksakan diri berpuasa jika sakit, karena mungkin saja bisa memperburuk keadaan karena tubuh tidak memiliki tenaga ekstra untuk melawan penyakit.

 

Itulah beberapa tips puasa tetap lancar di tengah pandemi Covid-19. Selamat berpuasa untuk Wong Coco Family yang menjalaninya dan ingat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, ya!

“Lihat Artikel Lainnya”

Kegiatan Sederhana ini Ampuh Menghilangkan Stres

Kegiatan Sederhana ini Ampuh Menghilangkan Stres

Terlalu banyak tuntutan dan harus melakukan banyak kegiatan sering membuat hidup kita terasa berat yang dapat memicu terjadinya stres. Wong Coco Family pasti sudah tahu stres yang berlarut tidak baik untuk kesehatan tubuh maupun mental. Sebenarnya stres bisa diatasi dengan mudah melakukan beberapa kegiatan sederhana. Kegiatan apa saja? Simak di bawah ini yuk! 1. Dengarkan musik favorit Musik itu ibarat irama kehidupan. Alunan musik, terutama musik favorit, bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Nah, kalau stres melanda, jangan ragu nyalakan musik favorit kamu. Fokuslah mendengar musik selama beberapa menit sampai beban pikiran lebih ringan. Setelahnya, kamu bisa kembali melanjutkan kegiatan atau pekerjaan dengan pikiran yang lebih tenang. 2. Berolahraga ringan Olahraga ringan sangat baik untuk kesehatan tubuh dan juga untuk membantu meringankan stres. Cukup sisihkan waktu kurang lebih 15 menit setiap hari untuk melakukan olahraga ringan, seperti yoga. Dengan melakukan yoga, pikiran kamu akan jauh lebih tenang. Kamu juga akan merasa lebih mampu berpikir jernih ketika menghadapi permasalahan yang terjadi dalam hidup. 3. Makan Makan juga bisa jadi salah satu obat penghilang stres yang efektif. Tapi ingat, makanan sehat ya! Dalam makanan sehat, seperti salad, biasanya terdapat kandungan energi dan vitamin yang sangat bagus untuk menurunkan kadar stres secara perlahan. 4. Menulis Kejadian atau peristiwa yang kamu alami bisa kamu tuliskan ke secarik kertas. Dengan menulis, semua perasaan akan tersalurkan sehingga beban yang mengendap bisa berkurang dan hilang secara perlahan. 5. Membersihkan Rumah Bersih-bersih rumah memang bisa sangat melelahkan, tapi ternyata kegiatan ini juga efektif untuk membantu mengurangi stres. Sebab merapikan ruangan dan bergerak dari satu ruangan ke ruangan lain di rumah secara tidak langsung adalah bentuk penyegaran mata sehingga rasa suntuk perlahan-lahan atau stres bisa menghilang. Itulah beberapa kegiatan sederhana yang bisa Wong Coco Family coba untuk membantu menghilangkan stres. Semoga bermanfaat!

 13 Januari 2020
Cemilan yang Bikin Kamu Tetap Semangat di Kantor

Cemilan yang Bikin Kamu Tetap Semangat di Kantor

Pekerjaan yang menumpuk di kantor tidak jarang membuat pekerja menjadi cepat bosan dan tidak bersemangat. Untuk bisa membantu membangkitkan semangat, cemilan bisa menjadi solusinya.  Nah, berikut adalah beberapa cemilan yang bikin kamu tetap semangat di kantor. 1. Biskuit gandum Tidak hanya enak dan bisa membangkitkan semangat bekerja, biskuit berbahan dasar gandum memiliki kandungan protein dan serat yang lebih banyak sehingga bermanfaat untuk tubuh. Serat selain baik untuk kesehatan pencernaan juga bisa membuat kita merasa cepat kenyang sehingga tidak lagi tergoda untuk mengkonsumsi cemilan terlalu banyak. 2. Buah-buahan Apel, pisang dan pir adalah beberapa pilihan buah yang tepat untuk dijadikan camilan di kantor. Apa kelebihannya? Selain mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, buah-buah tersebut juga praktis karena bisa langsung dikonsumsi tanpa harus mengolahnya lagi. 3. Kacang Kacang juga bisa menjadi pilihan cemilan yang bisa bikin kamu tetap semangat di kantor. Kandungan lemak baik dalam kacang bisa membantu melancarkan peredaran darah. Tidak hanya itu, kacang juga mengandung serat, magnesium dan vitamin E yang bersifat antioksidan sehingga bisa membantu menangkal radikal bebas. Tapi ingat, pastikan kacang yang kamu konsumsi tidak mengandung MSG dan pengawet ya! 4. Nata de Coco Tidak hanya enak dan segar untuk dijadikan cemilan, nata de coco juga bisa mencegah kita dari dehidrasi. Berdasarkan studi yang dilakukan Puslitbang Biologi LIPI, kandungan gizi nata de coco per 100 gram nata diketahui mengandung 80% air, 20 gram karbohidrat, 146 kal kalori, 20 gram lemak, 12 mg Kalsium, 2 mg Fosfor dan 0,5 mg Ferrum (besi). Melihat fakta pada studi yang menyebutkan bahwa nata de coco mengandung 80% air tersebut, bisa disimpulkan mengonsumsi nata de coco bisa membantu untuk mengembalikan kadar air pada tubuh. Sehingga, tubuh terhindar dari dehidrasi. Untuk menikmati nata de coco dengan cara yang praktis, Wong Coco Nata de Coco Dugan 235g yang cocok untuk sekali makan bisa menjadi pilihan. Wong Coco Nata de Coco Dugan dibuat dengan air kelapa yang dibentuk slice (pipih), dan gula asli tanpa pemanis buatan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Wong Coco Family!

 26 Juni 2020